Kabar Surabaya

Produsen Keramik Lokal Optimis Mampu Tingkatkan Penetrasi Pasar di Jatim Meski Persaingan Ketat

Meski diakui, persaingan pasar keramik di Jatim cukup ketat. Namun masih dilihat peluang yang besar di daerah Jatim untuk lebih agresif ke pasar.

Produsen Keramik Lokal Optimis Mampu Tingkatkan Penetrasi Pasar di Jatim Meski Persaingan Ketat
suryamalang.com/Sri Handi Lestari
John Suhanto, President Director PT Asri Pancawarna dan Agoes W Putra, General Manager PT Duta Kreasi Bersama Realtindo, menunjukkan produk terbaru Indogress saat gathering di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - PT Asri Pancawarna, sebagai produsen granite tile brand Indogress dan Decogress bersama PT Duta Kreasi Bersama Realtindo sebagai distributor, optimis di semeter II pasar properti Indonesia akan mulai bangkit.

Hal itu mengingat gairah pasar properti ikut berimbas pada produk mereka yang selama ini mayoritas masih bermain di lokal Indonesia.

"Memang beberapa tahun terakhir pasar properti melambat. Kami ikut merasakan, tapi kinerja masih tetap tumbuh dan targetnya setelah semester II ini akan tumbuh lebih positif lagi dengan bangkitanya pasar properti," kata John Suhanto, President Director PT Asri Pancawarna, disela gathering bersama agen dan toko di Surabaya, kemarin.

Optimisme itu disebut John akan mampu meningkatkan kinerja penjualan hingga lebih dari 20 persen hingga akhir tahun 2019 ini. Meski capaian di tahun 2018 lalu masih berkisar diantara 10 persen hingga 20 persen.

"Apalagi penjualan kami di semeter I tahun 2019 sudah mulai ada peningkatan," tambah John, yang dibenarkan oleh Agoes W Putra, General Manager PT Duta Kreasi Bersama Realtindo.

Kenaikan di semester terjadi setelah April - Mei dimana waktu itu ada event Pemilu yang secara fundamental berimbas pada pasar yang masih wait and see.

Sementara di semeter II tahun 2019 ini, proyek-proyek mulai bergerak. Apakah itu pemerintah maupun swasta.
Agoes W Putra, General Manager PT Duta Kreasi Bersama Realtindo, manambahkan, tahun 2018 lalu, pihaknya sudah meluncurkan seri produk baru.

"Nah tahun ini kami genjot lagi melalui seri produk baru tersebut. Saat ini pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil dan mampu bertumbuh dibanding ekonomi nasional adalah pasar Jawa Timur. Target kami semester II ini dan tahun kedepan, penetrasi produk kami di Jatim semakin tumbuh," ungkap Agoes.

Meski diakui, persaingan pasar di Jatim cukup ketat. Namun pihaknya masih melihat peluang yang besar di daerah ini untuk lebih agresif ke pasar.

Indogress tercatat masih menduduki peringkat ke empat di market share industri keramik di Surabaya. Namun kedepan targetnya menduduki market ke dua besar akan tercapai. "Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan semakin banyak menghadirkan produk-produk premium namun harga kompetitif," tambah Agoes.

Salah satunya, produk ukuran besar dengan ukuran 100 cm x 100 cm dan produk glazed polished yang memiliki desain eksklusif menyerupai marble atau marmer alam dengan keunggulan produk yang lebih tahan gores, lebih kuat sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik.

“Kami juga memiliki showroom khusus di Taman Sidoarjo serta ratusan agen penjualan di Jatim. Dan saat ini memang 70 persen kami mengandalkan penjualan ritel. Tetapi pasar Corporate juga cukup tinggi dan menjadi penopang kedua penjualan Indogress,” ungkap Agoes.

Apalagi seluruh produk lndogress telah memenuhi kualifikasi SNI dan dengan pengalaman serta kualitas yang mumpuni, lndogress telah mencapai kepercayaan yang besar dan digunakan dalam berbagai project commercial ataupun residential oleh beberapa developer ternama di tanah air.

Beberapa proyek yang menggunakan keramik lndogress antara lain Apartment Gunawangsa Tidar, RS RKZ, Apartment Avenue 88, RS AL Irsyad hingga Icon Mall.

“Saat ini produksi dan utilitas pabrik kami cukup tinggi yakni 75 persen. Harapannya akhir tahun nanti bisa lebih tinggi lagi,” tandas John.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved