Kabar Blitar

Sempat Tertunda, KPU Akhirnya Tetapkan Calon Anggota DPRD Kota Blitar Periode 2019-2024

Penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar itu sempat tertunda karena menunggu surat dari KPU RI.

Sempat Tertunda, KPU Akhirnya Tetapkan Calon Anggota DPRD Kota Blitar Periode 2019-2024
suryamalang.com/Samsul Hadi
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam menandatangani berita acara rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD pada Pileg 2019, Senin (22/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Mohamad Hardita Magdi, mengaku lega setelah KPU Kota Blitar menggelar rapat pleno penetapan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar pada Pileg 2019. Dengan begitu, politikus Partai Golkar itu sudah sah menjadi calon anggota DPRD Kota Blitar periode 2019-2024.

"Sekarang sudah lega, sudah ada penetapan dari KPU," kata Dito, panggilan akrab Mohamad Hardita Magdi saat menghadiri rapat pleno penetapan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar pada Pileg 2019, Senin (22/7/2019).

Dito ikut bertarung pada Pileg Kota Blitar 2019 lewat Partai Golkar di daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Sananwetan. Dia termasuk pendatang baru yang lolos menduduki kursi DPRD Kota Blitar pada periode 2019-2024.

Perolehan suara Dito juga lumayan tinggi, yaitu, 2.942 suara. Dia termasuk calon legislatif peraih suara terbanyak urutan kedua di Pileg Kota Blitar 2020. "Sekarang tinggal menunggu pelantikan. Saya akan bekerja maksimal saat menjadi dewan," ujarnya.

KPU Kota Blitar akhirnya menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon DPRD Kota Blitar pada Pileg 2019, Senin (22/7/2019). Penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar itu sempat tertunda karena menunggu surat dari KPU RI.

Sesuai jadwal, rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar dilakukan pada 3 Juli 2019 lalu. "Hari ini, kami sudah menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Kota Blitar pada Pileg 2019," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Hernawan Miftakhul Khabib.

Khabib mengatakan, jumlah kursi di DPRD Kota Blitar ada 25 kursi dari tiga Dapil. Yaitu, Dapil Kepanjenkidul ada 7 kursi, Dapil Sananwetan ada 9 kursi, dan Dapil Sukorejo ada 9 kursi. "Perolehannya sama dengan hasil rapat pleno penghitungan suara," ujarnya.

Setelah penetapan ini, KPU Kota Blitar akan mengusulkan nama-nama calon anggota DPRD Kota Blitar ke Gubernur Jatim untuk pelantikan. Rencananya, pelantikan calon anggota DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 dilakukan akhir Agustus 2019.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil penghitungan suara Pileg DPRD Kota Blitar tingkat KPU Kota Blitar pada Pemilu 2019 menyebutkan ada delapan partai yang lolos mendapatkan kursi di legislatif. Jumlah total kursi di DPRD Kota Blitar sebanyak 25 kursi.

Kedelapan partai yang mendapat kursi, yaitu PDIP, PKB, PPP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, dan PKS. PDIP tetap memperoleh suara terbanyak, yaitu, 31.964 suara dengan 10 kursi. Lalu, PKB mendapat 11.994 suara sama dengan empat kursi.

PPP memperoleh 9.178 suara sama dengan tiga kursi. Sedangkan Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat, masing-masing memperoleh dua kursi. Sementara Partai Hanura dan PKS, masing-masing mendapat satu kursi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved