Kabar Surabaya

Tokoh Muda NU Dorong Menteri Susi Serius Urusi Sampah Plastik di Laut

Saat ini sampah plastik menjadi masalah lingkungan yang serius dan sampah plastik mayoritas berada di laut.

Tokoh Muda NU Dorong Menteri Susi Serius Urusi Sampah Plastik di Laut
Ist
Ketua Bravo 5 Jatim, Ubaidillah Amin (Gus Ubaid) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Ketua Bravo 5 Jatim, Ubaidillah Amin Moeh (Gus Ubaid) mengingatkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti agar menyelesaikan permasalahan sampah plastik di laut secara serius.

Menurut Gus Ubaid, saat ini sampah plastik menjadi masalah lingkungan yang serius dan sampah plastik mayoritas berada di laut.

"Dalam lima tahun terakhir, volume sampah di laut semakin meningkat. Di sisa masa jabatannya, kami mengimbau kepada Bu Susi agar lebih intens mengurusi permasalahan ini," kata Gus Ubaid, Minggu (21/7/2019).

Gus Ubaid yang juga Wakil Ketua Pengurus Pusat Lazis PBNU ini mengingatkan, harusnya hukuman tegas tidak hanya dijatuhkan kepada nelayan yang dianggap melanggar regulasi saja tapi juga oknum-oknum yang membuang sampah di laut.

"Padahal, perbuatannya jauh lebih merugikan bagi kehidupan ekosistem laut. Kita sangat berharap, ada hukuman tegas bagi mereka yang dengan sengaja mengotori laut," ucapnya.

Hal tersebut diperlukan untuk memelihara keberlangsungan kehidupan bahari di Indonesia dan untuk warisan penerus bangsa kedepan.

"Kita setiap hari mendengar imbauan dari Bu Menteri Susi. Makan ikan biar sehat. Tidak makan ikan, saya tenggelamkan. Tapi realitanya bagaimana? Habitat ikan di lautan penuh sampah. Kita juga belum pernah tahu, aksi nyata dari Bu Susi dalam pembersihan sampah, baik itu di pesisir pantai, maupun di laut lepas," ucap Wakil Ketua PP Pencak Silat Pagar Nusa NU ini.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akhirnya menyikapi sampah plastik di lautan, ia mulai mengajak untuk tidak menggunakan produk plastik.

"Pak Jokowi sudah canangkan dari 2014 kita usir illegal fishing, dan sekarang kita jaga dari plastik. Illegal fishing kita tenggelamkan. Pencuri ikan kita tangkap. Sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik di lautan harus ditenggelamkan!" kata Susi ketika mengikuti giat Pawai Tolak Plastik Sekali Pakai di Lapangan Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019). 

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved