Malang Raya

Belum Ada Kepastian Penetapan Anggota DPRD Kabupaten Malang Periode 2019 - 2024

Sampai sekarang belum ada kepastian jadwal penetapan anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019 - 2024.

Belum Ada Kepastian Penetapan Anggota DPRD Kabupaten Malang Periode 2019 - 2024
Tribun Jogja
ILUSTRASI. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Sampai sekarang belum ada kepastian jadwal penetapan anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019 - 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Muhammad Wahyudi menerangkan pihaknya masih menunggu hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi setelah pencabutan dua gugatan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019.

“Belum tahu kapan putusan tersebut akan dikeluarkan. Sesuai prosedur beracara di Mahkamah Kontistusi (MK), putusannya keluar bersamaan dengan hasil putusan MK atas berkas kasus lain yang turut diajukan,” ujar Wahyudi kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (23/7/2019).

Wahyudi menambahkan ada dua partai politik (parpol) dari Kabupaten Malang yang mengajukan gugatan sengketa Pemilu 2019, yaitu PKB dan PAN.

Caleg PKB Dapil VI menggugat karena perolehan suaranya tidak sama hasil perhitungan yang dilakukan partai.

Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) juga melakukan hal yang sama.

Namun, dua partai tersebut mencabut gugatannya di MK.

“Saat ini KPU sudah melakukan beberapa tahapan pra penetapan. Begitu surat putusan turun, bisa langsung dilakukan penetapan,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Malang, Abdul Fatah menjelaskan pihaknya masih menunggu petunjuk dari KPU RI.

“Apabila menggunakan putusan dismissal, maka putusan ini yang akan disampaikan kepada KPU RI untuk selanjutnya diteruskan pada KPU Kabupaten Malang,” jelas Fatah.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved