Kabar Tuban

BMKG Minta Masyarakat Pesisir Laut Utara Tuban dan Lamongan Tak Perlu Panik Tanggapi Isu Tsunami

Untuk perairan utara laut Jawa memang berpotensi mengalami gempa. Namun gempa dan tsunami yang dihasilkan tidak terlalu besar.

BMKG Minta Masyarakat Pesisir Laut Utara Tuban dan Lamongan Tak Perlu Panik Tanggapi Isu Tsunami
suryamalang.com/Mochamad Sudarsono
Kondisi perairan laut Tuban, sejumlah perahu terlihat tenang berada di tepi pantai, Selasa (23/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, meminta masyarakat pesisir Laut Utara tak perlu panik atas kabar isu tsunami yang beredar di media sosial. Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Tuban maupun Lamongan diharap tak perlu cemas.

Kepala kelompok teknisi (Kapoksi) BMKG Tuban, Zumrotul mengatakan, untuk perairan utara laut Jawa memang berpotensi mengalami gempa. Namun gempa dan tsunami yang dihasilkan tidak terlalu besar, karena lokasi pantai utara tidak berbatas langsung dengan lempeng benua Australia.

Kalaupun ada pasti kecil dan di bawah 5 skala Richter. Namun kapan terjadinya belum diketahui.  "Untuk perairan di daerah Lamongan dan Tuban alhamdulillah masih aman," ujarnya, Selasa (23/7/2019).

Dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu update perkembangan berita yang secara resmi dikeluarkan oleh BMKG. Jangan mudah percaya dengan penyebaran hoak atau berita bohong yang kerap berkembang di masyarakat.

"Perkembangan gempa dan tsunami bisa diakses melalui situs resmi BMKG, Instagram dan Facebook," Imbuhnya.

Sebelumnya berkembang informasi di dunia maya, menyebut bakal terjadi bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang pesisir laut selatan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah hingga Pacitan Jawa Timur.

Penulis: Mochamad Sudarsono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved