Malang Raya

Dishub Kota Malang Pasang Barier di Simpang Jalan Gajamada Dekat Stasiun Kota Baru, Begini Alasannya

Barier jalan yang dipasang membentuk lingkaran itu ternyata untuk memperlancar arus lalu lintas yang sering terjadi kemacetan.

Dishub Kota Malang Pasang Barier di Simpang Jalan Gajamada Dekat Stasiun Kota Baru, Begini Alasannya
suryamalang.com/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Barier jalan yang terpasang di Simpang Jalan Gajahmada Kota Malang, Selasa (23/7). Pemasangan barier jalan untuk memperlancar arus lalu lintas di Simpang Jalan Gajahmada yang sebelumnya digunakan sebagai tempat parkir. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Perhubungan Kota Malang ternyata memiliki alasan tersendiri sejak memasang barier jalan di Simpang Jalan Gajahmada pada tanggal 18 Juli lalu. Barier jalan yang dipasang membentuk lingkaran itu ternyata untuk memperlancar arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto menjelaskan, selama ini di Simpang Jalan Gajahmada sering digunakan tempat parkir. Akibatnya, disana sering terjadi kepadatan arus lalu lintas ketika banyak mobil besar seperti bus yang parkir.

"Parkir di sana mengganggu kepentingan masyarakat. Parkir sampai meluber ke tengah jalan. Ini tidak baik," ujarnya saat ditemui SURYAMALANG.COM, Selasa (23/7/2019).

Handi mengatakan, di Simpang Jalan Gajahmada saat ini digunakan parkir untuk Restoran Ocean Garden. Maka dari itu, dengan pemasangan barier jalan ini pihaknya berharap di sana sudah tidak digunakam sebagai tempat parkir lagi.

"Harusnya kalau pengusaha membuat usaha setidaknya menyediakan tempat parkir. Bukan menghabiskan lahan jalan," ucapnya.

Handi mengaku, tidak hanya di restoran Ocean Garden saja yang menggunakan jalan untuk dijadikan lahan parkir. Di sejumlah tempat di Kota Malang juga banyak ia temui restoran yang tidak memiliki lahan parkir.

Namun, hal ini tidak separah yang terjadi di restoran Ocean Garden. "Ada beberapa, tapi tidak separah ini. Dia menerima rombongan Bus tapi sama sekali tidak menyiapkan lahan parkir. Imbasnya jadi ke pengguna jalan," tegasnya.

Meski sempat terjadi penolakan oleh pihak yang mengelola parkir di sana, Handi tetap bersikukuh untuk mematenkan barier tersebut.

Rencananya, di Simpang Jalan Gajahmada akan dibangun sebuah taman.

Untuk itu, kini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman Penduduk (Disperkim) Kota Malang saat pembangunan taman ini.

"Awalnya jukir menolak karena mengurangi setoran. Meskipun gak setor di jalan ini gak apa-apa asal di sini tidak dijadikan tempat parkir. Nanti ini akan kami bahas di Forum Lalu Lintas yang akan kami gelar pada hari Rabu," tandasnya.

Sementara itu, sejumlah pengguna jalan yang melintas di Simpang Jalan Gajahmada juga tidak mengetahui fungsi pemasangan barier jalan. Mereka hanya mengetahui bahwa barier jalan ini digunakan untuk memecah arus lalu lintas.

Sedangkan sejumlah masyarakat yang berjualan di sana menganggap baik kalau di Simpang Jalan Gajahmada akan dibangun sebuah taman. Menurutnya, dengan adanya taman ini akan membuat ramai dagangan mereka.

"Memang di sini mobil-mobil parkir sampai menghabiskan jalan. Kalau memang di akan dibuat taman kami setuju. Pasti akan semakin ramai di sini," ucap satu di antara pedagang yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved