Selebrita

Hari Ini 31 Tahun Lalu, Guns N' Roses Mencetak Sejarah Lewat Lagu Sweet Child O' Mine

Guns N' Roses grup band yang besar pada dekade 1980 dan 1990-an menghasilkan karya lagu yang tak hanya dikenal pada masanya, tetapi abadi hingga kini

SURYAMALANG.COM - Guns N' Roses grup band yang besar pada dekade 1980 dan 1990-an menghasilkan karya lagu yang tak hanya dikenal pada masanya, tetapi abadi hingga kini, satu di antaranya adalah Sweet Child O' Mine.

Hari ini 31 tahun lalu, tepatnya 23 Juli 1988, Guns N' Roses mencetak sejarah kala single hitsnya, Sweet Child O' Mine, mampu menembus Billboard Top 40.

Tak hanya menjadi lagu rock klasik yang dikenal pada waktu itu, Sweet Child O' Mine juga berhasil masuk dalam daftar lagu terbaik versi Rolling Stones, Blender, the RIAA, BBC, dan masih banyak lagi.

Perjalanan karir Guns N' Roses diawali saat merilis album full-length pertamanya, Appetite For Destruction pada tahun 1986.

Lalu, pada musim panas berikutnya, single berjudul Welcome To The Jungle.

Album Appetite For Destruction mendapatkan penghargaan 15 platinum sementara singel Welcome To The Jungle berada dalam daftar Top 100.

Namun, nama grup ini baru mulai hits kala lagu Sweet Child O' Mine lahir.

Melansir Rolling Stones, lagu ini berada pada urutan ke-37 dari daftar 100 Greatest Guitar Solo dari Guitar World dan daftar Rolling Stone's 40 Greatest Songs that Changed the World.

Kemudian, karya legenda itu juga masuk dalam 500 Greatest Songs Since You Were Born dari Blender dan masuk posisi ke-198 dalam Rolling Stone's The 500 Greatest Songs of All Time.

Dikutip dari BBC, Q Magazine menempatkan Sweet Child O' Mine pada posisi ke-6 dalam daftar 100 Greatest Guitar Tracks.

Kemudian, pada jajak pendapat Majalah Total Guitar tahun 2004, riff yang terkenal sebagai pengantar terpilih sebagai riff nomor 1 sepanjang masa oleh para pembaca majalah.

Tak hanya itu, single ini pun berada pada posisi ke-7 dalam daftar 100 Greatest Songs of the '80s dan tempat ke-210 dalam daftar RIAA Songs of the Century.

Pada Juni 2019, lagu tersebut masuk dalam daftar lagu terbesar ke-76 sepanjang masa serta lagu terbaik tahun 1987 oleh Acclaimed Music.

Meksi demikian, baik album dan single pertamanya tidak langsung populer. Butuh waktu hampir setahun dan perilisan single kedua, Sweet Child O 'Mine, untuk membuat nama Guns N' Roses tercatat dalam sejarah musik dunia.

Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved