Malang Raya

Keseruan Anak Disabilitas Ikuti Lomba Mewarnai di Kota Malang, Dalam Peringatan Hari Anak Sedunia

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) selaku penyelenggara lomba mengatakan ada 60 anak penyandang disabilitas yang menjadi peserta lomba.

Keseruan Anak Disabilitas Ikuti Lomba Mewarnai di Kota Malang, Dalam Peringatan Hari Anak Sedunia
suryamalang.com/Hayu Yudha Prabowo
Anak penyandang disabilitas saat mengikuti lomba mewarna dalam peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Selasa (23/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim, Aminatus Sofya

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Puluhan anak penyandang disabilitas mengikuti lomba mewarnai di Perpustakaan Kota Malang. Didampingi orang tuanya, mereka tampak bersemangat mewarnai gambar di atas sebuah talenan.

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) selaku penyelenggara lomba mengatakan ada 60 anak penyandang disabilitas yang menjadi peserta lomba. 60 peserta ini berasal dari 10 sekolah luar biasa (SLB) di Malang Raya.

"Ada 60 peserta dari 10 SLB se Malang Raya," kata Manajer Operasional YDSF Malang, Anggi Anggarsasi, Selasa (23/7/2019).

Menurut Anggi, kegiatan lomba mewarnai untuk anak disabilitas itu untuk memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada hari ini. Kata dia, setiap anak memiliki kemampuan khusus termasuk anak penyandang disabilitas.

"Kenapa anak disabilitas? Karena kami percaya mereka juga punya kemampuan yang sama," ucapnya.

Orang tua peserta, Widia, menyambut baik kegiatan lomba mewarnai bagi anak penyandang disabilitas. Selama ini, ia kerap kesulitan menemukan lomba serupa bagi anaknya yang menyandang disabilitas daksa. "Saya sangat senang sekali. Anak-anak juga sangat senang ikut lomba ini," ucap Widia.

Di rumah, perempuan berjilbab itu rutin melatih anaknya menggambar dan mewarnai di atas buku gambar. Metode itu, efektif mengatasi kelemahan pada tangan selain mengasah motorik. "Di rumah rutin saya dampingi. Tapi tidak bisa lama-lama karena organ tubuhnya lama," pungkasnya.

Pemenang lomba mewarnai nantinya berhak mendapatkan tabungan pendidikan sebesar Rp 5 juta dan bingkisan. Selain lomba mewarnai, ada pula dongeng ceria untuk menghibur anak-anak.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved