Kabar Blitar

Pedagang Sudah Kosongkan Kios, Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar Mulai Dikerjakan

Sebagian pedagang sudah pindah berjualan ke tempat penampungan sementara yang dibangun di barat pasar Legi Kota Blitar.

Pedagang Sudah Kosongkan Kios, Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar Mulai Dikerjakan
suryamalang.com/Samsul Hadi
Pedagang Pasar Legi kota Blitar sudah mengosongkan kiosnya, Selasa (23/7/2019). Pekerja mulai memasang pagar di sekeliling pasar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pedagang Pasar Legi Kota Blitar yang terdampak pembangunan sudah mengosongkan kiosnya, Selasa (23/7/2019). Saat ini, pekerja mulai memasang pagar seng di lokasi pasar yang akan dibangun.

Sebagian pedagang sudah pindah berjualan ke tempat penampungan sementara yang dibangun di barat pasar. Sebagian lagi masih berkemas-kemas barang dagangan untuk boyongan ke tempat penampungan sementara.

"Semua pedagang yang terdampak pembangunan sudah mengosongkan kios. Tapi belum semua pedagang berjualan di tempat penampungan sementara," kata Kholik, salah satu pedagang Pasar Legi yang terdampak pembangunan.

Kholik sendiri baru selesai mengemasi barang dagangan untuk pindah ke tempat penampungan sementara. Dia berencana menggunakan tempat penampungan sementara hanya untuk gudang. Dia menyewa tempat lagi di sekitar pasar untuk berjualan.

"Tempat penampungan sementaranya saya pakai gudang. Lokasinya sempit, tidak bisa untuk berjualan. Saya hanya dapat satu kotak ukuran 1 m x 3 m," ujar pedagang pracangan itu.

Kholik tidak masalah harus pindah berjualan untuk kepentingan pembangunan. Dia hanya berharap proses pembangunan pasar bisa segera dilaksanakan dan selesai tepat waktu. "Informasinya pembangunan selesai Desember 2019," katanya.

Pantauan di lokasi, sejumlah pekerja proyek mulai menggali tanah di sekeliling pasar untuk memasang pagar seng. Material seng untuk pagar juga sudah datang di lokasi. Posisi pagar persis di pinggir jalan.

Pekerja juga membuat tulisan larangan parkir di sekitar pagar seng. Selain itu, juga ada tulisan imbauan hati-hati kepada para warga yang melintas di lokasi karena ada kendaraan proyek yang keluar masuk saat pembangunan berlangsung.

Sejumlah Banpol pengamanan pasar dari Disperindag Kota Blitar juga diterjunkan ke lokasi. Para Banpol itu bertugas untuk menghalau pedagang yang masih berjualan di lokasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Arianto meminta pedagang mengosongkan kiosnya mulai Sabtu dan Minggu. Rencananya, mulai Senin pekan depan, proses pembangunan pasar segera dimulai.

Para pedagang diminta pindah ke tempat penampungan sementara yang sudah disediakan di sebelah barat pasar. Sesuai rencana, mulai Senin pekan depan, sebagian material pembangunan pasar sudah datang.

Pemkot Blitar berencana membangun Pasar Legi pada 2019 ini. Sejumlah kios di Pasar Legi terbakar pada Juni 2016 lalu. Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran Rp 50 miliar dari APBD untuk pembangunan Pasar Legi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved