Breaking News:

Kabar Surabaya

PDIP Kuasai 15 dari 50 Kursi DPRD Surabaya, Inilah Dua Nama Berpeluang Jadi Ketua DPRD

Kalau pertimbangannya adalah suara terbanyak maka Baktionolah yang berhak menjadi Ketua DPRD Surabaya. Dia berhasil meraup 22.164 suara.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: yuli
pdiperjuangan-jatim.com
Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya. 

Kalau pertimbangannya adalah suara terbanyak maka Baktiono lah yang berhak menjadi Ketua DPRD. Dia berhasil meraup 22.164 suara. Sementara Adi Sutarwijono atau Awi 17.431 suara. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebanyak 50 anggota DPRD Surabaya akan dilantik pada 24 Agustus 2019. Mereka adalah yang terpilih dalam pileg April lalu. Dari jumlah kursi di DPRD ini, PDI Perjuangan tetap perkasa dengan mendominasi kursi.

Dari 50 kursi itu, sebanyak 15 kursi diborong oleh partai pimpinan Megawati ini. Karena menjadi peraih kursi terbanyak, partai Moncong Putih ini berhak atas ketua DPRD. 

Lantas siapa yang berhak duduk di ketua DPRD Surabaya menggantikan Armuji yang juga dari PDIP. Armuji bersama anggota DPRD lama akan habis masa jabatan mereka Agustus besok. Armuji sendiri terpilih kembali tapi sebagai anggota DPRD Jatim. 

Armuji berharap agar penerusnya di DPRD Surabaya melanjutkan tradisi yang kondusif dan meningkatkan kinerja sebagai lembaga legislatif. "Posisi ketua DPRD memang akan ditunggu. Namun seperti periode saya dan sebelumnya, semua diserahkan DPP PDIP," kata Armuji.

Armuji menuturkan bahwa penentuan ketua DPRD itu kewenangannya ada di DPP. Apa yang mendasari anggota dewan terpilih berhak atas posisi ketua DPRD, Cak Ji menyerahkan semua pada DPP partainya. 

SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Daftar Pengurus DPC PDIP Surabaya di Bawah Pimpinan Adi Sutarwijono Hasil Konfercab Lanjutan

Dia tidak bisa menyebut karena peraih suara tertinggi saat pileg atau karena faktor lain. "Yang jelas yang berhak sebagai ketua DPRD adalah KSB (ketua bendahara sekertaris) DPC PDIP," urai Cak Ji.

Saat ini Ketua DPC PDIP Surabaya adalah Adi Sutarwijono. Sementara sekertaris adalah Baktiono. Bendahara Taroe Sasmito. Namun bendahara ini tidak masuk dalam anggota DPRD Surabaya terpilih.

Kalau pertimbangannya adalah suara terbanyak maka Baktiono lah yang berhak menjadi Ketua DPRD. Dia berhasil meraup 22.164 suara. Sementara Adi Sutarwijono atau Awi 17.431 suara. 

Baktiono saat dikonfirmasi masih enggan mengaitkan suara terbanyak itu dengan posisi ketua DPRD. "Biarlah itu kewenangan DPP. Saya ditempatkan di mana pun siap," kata Baktiono.

Sementara Awi yang cemerlang di mata DPP baru saja mendapat kepercayana menjadi Ketua DPC PDIP. Mantan wartawan SURYA ini bisa saja mendapat kepercayaan kembali menduduki ketua DPRD.

Kepada SURYA, Awi menuturkan bahwa ketua DPRD itu adalah domain dan hak sepenuhnya ada di DPP. "Itu sudah menjadi aturan PDIP. Ketua DPRD siapa, itu domain kewenangannya ada di DPP. Saya taat apa pun keputusan DPP," ucap Awi. 

PDIP yang superior akan duduk sebagai ketua DPRD dan akan didampingi tiga wakil ketua DPRD dari partai lain yang mendapat kursi terbanyak.  Yakni PKS, Gerindra, Golkar atau PKB yang semuanya mendapat 5 kursi. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved