Kabar Jember

Kiai Muhyiddin dan Gus Aab Kembali Pimpin Nahdlatul Ulama (NU) Jember, Jawa Timur

KH Muhyiddin Abdussomad dan KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) kembali memimpin PC Nahdlatul Ulama (NU) Jember untuk periode 2019 - 2024.

Kiai Muhyiddin dan Gus Aab Kembali Pimpin Nahdlatul Ulama (NU) Jember, Jawa Timur
sri wahyunik
KH Muhyiddin Abdussomad dan KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) kembali memimpin PC Nahdlatul Ulama (NU) Jember untuk periode 2019 - 2024. Keduanya kembali terpilih memimpin PCNU Jember dalam ajang Konfercab NU Jember 2019 di Universitas Islam Jember (UIJ), Minggu (28/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - KH Muhyiddin Abdussomad dan KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) kembali memimpin PC Nahdlatul Ulama (NU) Jember untuk periode 2019 - 2024.

Keduanya kembali terpilih memimpin PCNU Jember dalam ajang Konfercab NU Jember 2019 di Universitas Islam Jember (UIJ), Minggu (28/7/2019).

Kiai Muhyiddin terpilih kembali sebagai Rais Syuriah, sedangkan Gus Aab sebagai Ketua Tanfidziyah. Sebelumnya keduanya juga terpilih sebagai rais syuriah dan ketua tanfidziyah periode 2014 - 2019.

Dari data yang didapatkan Surya, Kiai Muhyiddin memperoleh suara terbanyak yakni 321 suara. Kemudian ada nama KH Imam Haromain (249), KH Imam Ghozali (207), dan KH Badrussodiq (204 suara).

Karena mengantongi suara terbanyak dari para pemilik suara di tingkat MWC NU Jember, maka pengasuh Ponpes Nurul Islam Antirogo, Sumbersari itu terpilih sebagai rais syuriah PCNU Jember periode 2019 - 2024.

Sedangkan di tahap pencalonan ketua tanfidziyah, ada sejumlah nama mengantongi suara dari para pemilik suara di KOnfercab NU Jember. Nama-nama yang muncul antara lain Gus Aab, Prof MN Harissudin, Gus Firjoun, Abdul Hamid Pujiono, juga Mustain, KH Badrussodiq, M Muslim, Kiai Muhyiddin, Gus Mamak (Madini Farouq), juga Babun Suharto.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Tiga peraih suara terbanyak adalah Gus Aab (262), Prof Haris (68), dan Gus Firjoun (29). Berdasarkan tata tertib pemilihan, jika ada nama yang memperoleh suara minimal 99 suara, maka bisa masuk ke tahap selanjutnya.

Di tahap pencalonan awal, hanya nama Gus Aab yang mendapatkan suara lebih dari 99 suara. Karenanya, dia secara otomatis terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Jember periode 2019 - 2024.

Dalam kontrak jamiyah yang ditandatanganinya, Gus Aab mengaku siap menjalankan amanah peserta Konfercab NU Jember 2019. "Saya juga siap mematuhi rais syuriah," ujar Gus Aab di depan peserta Konfercab.

Ketua Panitia Konfercab NU Jember Rasyid Zakaria menegaskan ada beberapa kriteria mereka yang layak menjadi ketua tanfid NU. "Mumpuni dari sisi keilmuan, ulama atau kiai, menjadi panutan, juga pandai berceramah serta jadi bisa jadi imam masjid," ujar Rasyid.

Untuk Konfercab NU 2019, ada 360 pemilik suara yang berhak memilih ketua tanfid. Konfercab NU Jember dihadiri oleh para pemilik suara antara lain MWC NU serta badan otonom PCNU Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved