Kabar Blitar

VIDEO - Mbah Wondo dari Blitar Terima Kapaltaru Berkat Menghijaukan Kawasan Pesisir Selatan

VIDEO - Mbah Wondo dari Blitar Terima Kapaltaru Berkat Menghijaukan Kawasan Pesisir Selatan

Penghijauan di pinggir pantai mulai 2014. Saat itu menanam 300 pohon cemara di Pantai Pasetran Gondomayit. Bibitnya dari hasil mencangkok sendiri.

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Perjuangan Suwondo (65) dalam melestarikan lingkungan di kawasan pesisir pantai selatan tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, tidak mudah.

Selama 17 tahun, bapak empat anak dan lima cucu itu mencurahkan pikiran, tenaga, dan uang untuk menghijaukan kembali kawasan pantai di wilayah Desa Tambakrejo.

Upaya Mbah Wondo, panggilan akrab Suwondo, itupun berbuah manis. Kawasan pantai di Desa Tambakrejo yang sebelumnya gundul, kini hijau kembali. Tak hanya itu, pensiunan PNS di SDN Tambakrejo 3, itu juga ikut membangkitkan kesadaran masyarakat setempat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan di kawasan pantai.

Atas kepeduliannya terhadap lingkungan, itu Mbah Wondo akhirnya menerima penghargaan Kalpataru dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Berikut wawancara SURYAMALANG.COM dengan Mbah Wondo terkait kisah perjalanannya melestarikan lingkungan di pesisir pantai selatan saat ditemui di rumahnya, Dusun Krajan, Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Selasa (30/7/2019).

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

SURYAMALANG.COM : Sejak kapan Anda memulai kegiatan penghijauan di kawasan Desa Tambakrejo?
Mbah Wondo : Sejak lama, sejak saya mulai menjadi PNS di SDN Tambakrejo 3. Kebetulan saya sebagai tukang kebun di sekolah. Saat itu, saya suka menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah. Saya juga menanam pohon di sekitar rumah. Kegiatan itu terus saya lakukan bertahun-tahun.

SURYAMALANG.COM : Mulai kapan melakukan penghijaun di kawasan pinggir pantai?

Mbah Wondo : Kalau penghijauan di pinggir pantai mulai 2014. Saat itu menanam 300 pohon cemara di Pantai Pasetran Gondomayit. Bibitnya dari hasil mencangkok sendiri.

SURYAMALANG.COM : Bagaimana awalnya Anda menanam pohon cemara di Pantai Pasetran Gondomayit?

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved