Kota Batu

Pembangunan Pasar Batu Lebih Baik Pakai APBD Murni

Sebelumnya, desain Pasar Batu dipilih dari hasil sayembara desain pasar besar Kota Batu berjudul ‘Ruang yang lebih baik untuk Pasar Wisata’ dan Open T

google maps
Pasar Batu di Kota Batu, Jawa Timur. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Wakil Ketua DPRD Batu, Nurrohman, menilai, pembangunan Pasar Batu lebih baik menggunakan menggunakan APBD murni.

"Seharusnya memang jadi prioritas karena pembangunan pasar tersebut untuk kepentingan orang banyak. Pedagangnya, lalu wisatawan juga serta masyarakat Kota Batu," kata dia, Rabu (31/7/2019).

Ia menjelaskan, menggunakan APBD ini agar Pemkot Batu bisa leluasa dalam menjalin sinergitas dengan pedagang. Karena pasar itu nanti yang berjualan adalah pedagang Kota Batu. Namun tidak ada salahnya menggandeng pihak ketiga.

"Lebih baik memang menggunakan APBD murni, dengan penganggaran multiyears. Pembangunan pasar bisa sesuai dengan yang direncanakan," imbuhnya.

Kepala Bappeda Kota Batu M Chori menambahkan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan Pasar Batu sekitar Rp 100 miliar. 

Kondisi di dalam Pasar Batu unit rumah tangga.
Kondisi di dalam Pasar Batu unit rumah tangga. (sany eka putri)

Ia tidak mempermasalahkan jika menggunakan APBD murni dengan pembiayaan multiyears. "Masih belum sejauh itu pembahasannya. Ya seperti yang Bu Wali Kota katakan, kalau nanti menggandeng pihak ketiga, tidak memberatkan pedagang," kata Chori.

Pembangunan Pasar Batu direncanakan merombak total tampilan. Mulai dari pasar unit buah, unit tengah, kecuali unit sayur. Karena unit sayur sudah melalui pembangunan tahap pertama terlebih dahulu. Menurutnya memang Pasar Batu saat ini tidak layak, harus dirombak total.

Ada fasilitas kamar mandi, rest area, halaman parkir yang luas, tak kalah pentingnya tempat berjualan pedagang yang lebih bagus dan nyaman.

Pembangunan ini tidak lain ditujukan untuk masyarakat Kota Wisata Batu, pedagang, dan wisatawan.

Sebelumnya, desain Pasar Batu dipilih dari hasil sayembara desain pasar besar Kota Batu berjudul ‘Ruang yang lebih baik untuk Pasar Wisata’ dan Open Talk Urban Tourism.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved