Kabar Blitar

695 Tahun Kabupaten Blitar, Upacara Pisowanan Agung sebagai Puncak Kirab Hurub Hambangun Praja

Pada 5 Agustus ini sebagai acara puncak kirab Hurub Hambangun Praja dengan ditandai upacara Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Pada 5 Agustus ini sebagai acara puncak kirab Hurub Hambangun Praja dengan ditandai upacara Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Puncak rangkaian hari jadi ke-695 Kabupaten Blitar ditandai dengan upacara Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro di utara Alun-alun Kota Blitar, Senin (5/8/2019).

Acara itu diikuti oleh semua kepala desa, camat, dan kepala organisasi perangkat daerah di Kabupaten Blitar.

Acara itu diawali dengan upacara yang diikuti mulai dari perangkat dan kepala desa, camat, dan kepala OPD. Para peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa. Upacara itu menggambarkan kedatangan para abdi dan pamong di pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Sebelum masuk ke pendopo, para abdi dan pamong itu dikumpulkan terlebih dulu di Alun-alun. Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo dan Sekda Kabupaten Blitar, Totok Subihandono, didapuk sebagai penerima tamu dari para abdi dan pamong.

Selanjutnya, rombongan abdi dan pamong desa itu masuk ke halaman Pendopo Ronggo Hadi Negoro. Mereka akan menyaksikan acara puncak Pisowanan Agung. Sedangkan, Bupati Blitar, Rijanto sudah menunggu di pendopo.

Setelah itu, rombongan kirab pusaka Hurub Hambangun Praja masuk ke Pendopo Ronggo Hadi Negoro. Rombongan kirab ini membawa pusaka terdiri atas kitab sejarah, panji lambang daerah, dan damar Hurub Hambangun Praja.

Sesampai di pendopo, tiga pusaka itu diserahkan ke Bupati Blitar, Rijanto yang didampingi Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, dan Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto. Pusaka itu kemudian disimpan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan upacara Pisowanan Agung merupakan rangkaian acara kirab Hurub Hambangun Praja untuk memperingati hari jadi ke-695 Kabupaten Blitar.

Upacara Pisowanan Agung dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Blitar pada 5 Agustus.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved