Citizen Reporter

Jurnalisme Solusi, Bagaimana Sebaiknya Media Mengabarkan Krisis Iklim

Berita-berita perubahan iklim dipenuhi dengan referensi tentang memburuknya kebakaran hutan, mencairnya gletser, hingga naiknya permukaan air laut.

Jurnalisme Solusi, Bagaimana Sebaiknya Media Mengabarkan Krisis Iklim
SURYAMALANG.com/Hayu Yudha
Helikopter Mi-8 milik BNPB membawa air dari Bendungan Selorejo akan dijatuhkan pada titik api kebakaran hutan Gunung Arjuno difoto dari Kota Batu, Sabtu (3/8/2019). Pemadaman udara memakai teknik water boombing ini dilakukan karena sebagian area yang terbakar sulit dijangkau pemadaman manual 

Oleh: Kamyar Razavi, Television news producer & PhD candidate, Simon Fraser University

Energi nol emisi adalah bagian dari solusi menghadapi perubahan iklim. U.S. Department of Energy/flickr

Dalam sebuah acara tayang bincang di Amerika Serikat, Last Week Tonight With John Oliver, Bill Nye, salah seorang komunikator sains populer di negara tersebut tiba-tiba menyalakan api ke sebuah bola bumi. Sebuah aksi yang diharapkan bisa membangunkan warga Amerika dari sikap tidak acuh terhadap dampak perubahan iklim.

The Conversation

Baik di tayang bincang atau berita malam hari, penjelasan tentang perubahan iklim selalu memperlihatkan peringatan akan ada bahaya. Berita-berita perubahan iklim dipenuhi dengan referensi tentang memburuknya kebakaran hutan, mencairnya gletser, hingga naiknya permukaan air laut.

Namun, penekanan pada malapetaka dan kesuraman ini dapat membuat orang merasa tidak berdaya dan putus asa untuk dapat membuat perubahan.

10 Orang Dikerahkan Menuju Titik Kebakaran di Gunung Arjuno, Besok Pemadaman Pakai Helikopter

‘Tayang bincang bersama John Oliver (HBO) tentang Green New Deal. Segmen dengan Bill Nye dimulai pada 18:20.

 Climate Access, sebuah kelompok riset nirlaba yang berfokus kepada solusi perubahan iklim menyatakan bahwa “pesan-pesan yang berisi ancaman mampu menangkap perhatian publik. Namun, rasa khawatir bukan motivator yang efektif untuk mendorong publik melakukan tindakan. Hal tersebut justru membuat mereka pasrah dan merasa tidak berdaya.”

Halaman
1234
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved