Kota Batu

Pendaftar Pilkades Gunungsari di Kota Batu Hanya Satu Orang, Panitia Buka Pendaftaran Tahap 2

Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu membuka tahap kedua bakal calon kepala desa. Pasalnya, hanya ada satu calon saja yang mendaftar.

Pendaftar Pilkades Gunungsari di Kota Batu Hanya Satu Orang, Panitia Buka Pendaftaran Tahap 2
Benni Indo
Ilustrasi banner pendaftaran calon kepala desa di Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATUDesa Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu membuka tahap kedua bakal calon kepala desa. Pasalnya, hanya ada satu calon saja yang mendaftar.

Sementara itu, proses pendaftaran bakal calon dalam Pilkades serentak yang digelar di 11 desa di Kota Batu berakhir pada Kamis (8/8/2019).

Pembukaan tahap kedua ini dimulai tanggal 9 hingga 28 Agustus 2019. Untuk menyelenggarakan pemilihan kepala desa, minimal ada dua bakal calon yang bertarung.

Kasubag Otonomi Daerah Pemkot Batu, Iwan menjelaskan dengan adanya tahap kedua ini, diharapkan ada bakal calon yang akan mendaftar.

"Artinya dengan ditutupnya pendaftaran bakal calon tahap pertama secara tak langsung pendaftaran akan ditutup. Aturan itu berlaku bagi desa yang telah memenuhi syarat minimal pendaftar bakal calon kades, ujarnya, Kamis (8/8/2019).

Ia menguraikan dari 11 desa yang menggelar Pilkades, bakal calon yang mendaftar sejumlah 35 orang. Dengan tiap bakal calon yang mendaftar ada dua hingga lima orang.

Dalam proses pendaftaran tahap dua hingga 28 Agustus, Panitia Pilkades masing-masing desa akan melakukan penelitian dan kalirifikasi berkas bakal calon dengan maksimal bakal calon lima orang pada tanggal 29-30 Agustus.

"Setelah itu panitia akan mengumumkan hasil bakal calon yang lolos pada tanggal 31 Agustus dan 1 September. Mereka yang lolos akan mengikuti tes tulis pada 4-5 Septermber tingkat Kota," imbuhnya.

Kemudian akan dilanjutkan dengan kampenye di depan umum untuk menyampaikan visi misi pada tanggal 23-24 Agustus. Sedangkan puncak pemilihan akan digelar pada 2 Oktober 2019.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved