Malang Raya

LTMPT Berwacana UTBK Seperti Tes Toefl yang Bisa Setiap Waktu

Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof Dr Ravik Karsidi menyatakan masih menjadi wacana agar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

LTMPT Berwacana UTBK Seperti Tes Toefl yang Bisa Setiap Waktu
Sylvianita Widyawati
Prof Dr Ravik Karsidi, Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) saat di UMM, Rabu malam (7/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof Dr Ravik Karsidi menyatakan masih menjadi wacana agar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) bisa dilaksanakan setiap waktu laiknya tes Toefl. Namun hal ini masih perlu dibicarakan dengan para rektor PTN dan sekolah-sekolah. Sebab pelaksanaan UTBK dilaksanakan di PTN atau di SMA-SMA.

"Mungkin dalam waktu dekat akan dibicarakan dengan para rektor. Sebab kendalanya masih berkisar di hal teknis," jelas Ravik pada suryamalang.com saat bertemu di UMM, Rabu malam (7/8/2019).

Dikatakan, jika dilaksanakan sewaktu-waktu, maka siswa kelas 12 bisa mengasah kemampuannya sampai mendapatkan nilai terbaiknya. Pada UTBK pertama lalu diadakan pada April-Mei 2019 saat para siswa belum melaksanakan ujian nasional.

Hasil atau skor UTBK kemudian dijadikan syarat mendaftar ke SBMPTN. "Hasilnya, sebanyak 100.000 peserta UTBK tidak mendaftar ke SBMPTN," kata mantan Rektor UNS ini. Ia menduga nilai UTBK mereka rendah sehingga tidak berani mendaftar ke SBMPTN. Bisa jadi mereka kemudian mendaftar ke PTS atau lainnya. Dari hasil evaluasi LTMPT, pelaksanakan UTBK cukup baik dan diterima masyarakat.

"Sekarang era keterbukaan. Nilaipun harus tahu," terang Ravik. Selain itu, hasil UTBK juga dipakai PTS dan sekolah kedinasan.

Model UTBK baru dilaksanakan tahun ini. Sehingga ada 20 kali jadwal UTBK dan setiap peserta bisa ikut dua kali UTBK. Nilai terbaik bisa dipakai mendaftar. Rata-rata siswa SMA ikut UTBK dua kali. Pertama sebagai latihan dan kedua bisa mendapatkan nilai bagus dari hasil pengalaman di UTBK pertama.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved