Malang Raya

Polisi Malang Tahan Remaja Curi Uang Rp 50.000 dan HP karena Ketagihan Game Online

Remaja asal Desa Tambakasri Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang itu kedapatan mencuri di rumah tetangganya, Minggu (4/8/2019).

Polisi Malang Tahan Remaja Curi Uang Rp 50.000 dan HP karena Ketagihan Game Online
erwin
AS (16) tertunduk lesu meratapi perbuatannya di hadapan penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Malang, Jumat (9/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - AS (16) tertunduk lesu meratapi perbuatannya di hadapan penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Malang, Jumat (9/8/2019).

Remaja asal Desa Tambakasri Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang itu kedapatan mencuri di rumah tetangganya, Minggu (4/8/2019).

"Saya mencuri handphone dan uang Rp 50 ribu. Uangnya saya buat jajan dan bermain game online. Karena saya kecanduan bermain game. Kemudian saya traktir teman-teman," terangnya.

AS mengaku nekat membobol rumah tetangganya karena sedang sepi. Berhasil masuk lewat jendela, AS lantas memberanikan diri masuk rumah untuk menggasak barang yang ia inginkan. 

AS mengaku tak sekali ini saja mencuri. Ia mengaku pernah mencuri HP di konter HP YS CELL dan konter HP Vivo di Jalan Raya Desa Tambakasri, Tajinan.

"Saya kapok. Tak akan mencuri lagi," sesalnya dengan suara pelan.

Kanit UPPA Satreskrim Polres Malang, Ipda Yulistiana Sri Iriana menjelaskan aksi tersangka baru disadari oleh pemilik rumah pada saat hendak mencari handphone.

Kecurigaan pemilik rumah makin menjadi karena ada barang berserakan di rumahnya. Diduga karena diacak-acak oleh tersangka.

"Korban lantas melapor ke petugas Polsek Tajinan. Setelah dilakukan penyelidikan akhirnya tersangka tertangkap dengan barang bukti HP Lenovo A770," ungkap Yulistiana.

Yulistiana menambahkan, tersangka ditangkap petugas saat tengah asyik bermain PlayStation (PS) di wilayah Kecamatan Bululawang.

Lantaran masih usia tersangka masih di bawah umur, tersangka kemudian dilimpahkan ke UPPA Satreskrim Polres Malang. Kini tersangka berada di ruang tahanan Polres Malang guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Tersangka AS diamankan oleh petugas Polsek Tajinan. Ketika ditangkap tersangka mengakui perbuatan pencurian yang ia lakukan," imbuh wanita yang akrab disapa Yulis itu.  

Catatan SURYAMALANG.COM, sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2/2012 mengenai Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP, tindak pencurian ringan semula nilainya kurang dari Rp 250, kemudian diubah menjadi Rp 2,5 juta. Artinya, pencurian di bawah Rp 2,5 juta tidak bisa ditahan. 

Remaja Curi Uang Rp 50.000 dan HP, Mengapa Ditahan? Ini Penjelasan UPPA Satreskrim Polres Malang

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

 
 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved