Malang Raya

3000 Mahasiswa Bidik Misi Universitas Brawijaya (UB) Malang Ikuti Kegiatan Bela Negara

Sebanyak 3000 mahasiswa bidik misi Universitas Brawijaya (UB) Malang akan mengikuti kegiatan pelatihan bela negara di Kostrad

3000 Mahasiswa Bidik Misi Universitas Brawijaya (UB) Malang Ikuti Kegiatan Bela Negara
Humas UB
Suasana verifikasi mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) jalur SBMPTN yang mengajukan bidik misi pekan lalu di Samanta Krida. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sebanyak 3000 mahasiswa bidik misi Universitas Brawijaya (UB) Malang akan mengikuti kegiatan pelatihan bela negara di Kostrad pada September atau November 2019.

Ini akan dilakukan pasca adanya MoU antara UB dengan Menteri Pertahanan pada 24 Agustus 2019 nanti. Rencananya menteri juga memberikan ceramah sekaligus MoU.

"Mahasiswa bidik misi yang lama akan ikut pelatihan," jelas Prof Dr Abdul Hakim, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UB pada SURYAMALANG.COM, Minggu (11/8/2019).

Jumlah mahasiswa bidik misi UB cukup banyak, sekitar 4000 an mahasiswa lama. Namun hanya 3000 mahasiswa yang diikutkan karena terkait dengan anggaran.

Sedangkan pada 21 September 2019 akan ada MoU dengan BNN dan Polda Jatim.

Dijelaskan, sejumlah kegiatan untuk mahasiswa itu terkait kewajiban institusi dengan pemeringkatan. Ia menyebutnya ada tujuh hal.

Antara lain kegiatan bela negara, pendidikan anti korupsi dan sudah melakukan MoU dengan KPK dll.

"Tujuh kegiatan itu harus dilakukan perguruan tinggi. Jika tidak dilakukan akan mempengaruhi pemeringkatan bidang kemahasiswaan," papar Hakim.

Setiap bidang ada skornya dan sudah dilakukan sejak 2017. UB melakukan pembinaan pada mahasiswa bidik misi untuk meningkatkan akademik dan softskillnya.

"Soft skill sangat perlu di era sekarang. Sehingga saran saya mahasiswa tak hanya kuliah, tapi juga memiliki kegiatan lain seperti di organisasi atau lainnya," kata dia.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved