Kota Batu

Polres Batu Gunakan Bahan Ramah Lingkungan untuk Bungkus Daging Kurban

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto menerangkan, penggunaan bahan ramah lingkungan itu sebagai upaya mengurangi plastik.

Polres Batu Gunakan Bahan Ramah Lingkungan untuk Bungkus Daging Kurban
suryamalang.com/benni indo
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto saat meninjau daging kurban yang dibungkus dengan besek dan daun jati sebagai upaya pengurangan menggunakan plastik, Minggu (11/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Polres Batu menggunakan bahan ramah lingkungan untuk membungkus daging kurban.

Bahannya berupa besek yang dilapisi daun pisang. Selain besek, daging juga dibungkus dengan daun jati.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto menerangkan, penggunaan bahan ramah lingkungan itu sebagai upaya mengurangi plastik. Katanya, pengurangan sampah plastik juga menjadi upaya Polres Batu.

"Selain itu juga jumlahnya sangat banyak. Ada ribuan yang akan dibagikan. Ini upaya kami untuk meminimalisir penggunaan plastik," ujarnya, Minggu (11/8/2019).

Budi mengatakan, ada 34 ekor hewan kurban yang disembelih. Di antaranya lima ekor sapi dan 29 kambing. Bahkan ada satu sapi yang merupakan titipan dari Kapolda Jatim Irjen Lucky Hermawan.

"Ada sapi dari bapak Kapolda Jatim untuk pesantren di Batu. Enam ekor kambing untuk koramil jajaran di Batu. Tiga ekor kambing ke masjid dan ponpes wilayah polsek jajaran," katanya.

Hewan kurban yang terkumpul tersebut tidak semuanya disembelih di Polres Batu. Ada 1 ekor sapi yang diserahkan ke Ponpes Ar Ridluwan Mojorejo, dan 10 ekor kambing ke beberapa mushola, masjid, ponpes dan sekolahan.

Kali ini, seluruh personil dan pegawai di Polres Batu diatasnamakan terhadap hewan kurban.

Jika biasanya hewan kurban atas nama Kapolres dan pejabat lainnya, kini nama pegawai dan personil di bawahnya juga dimasukkan.

"Kita ingat kaidah Islam ini wujud kebersamaan. Kedua bagaimana kita berbagi kepada saudara kita dalam hasil kurban. Di dalam hewan kurban tidak semata-mata melibatkan yang berkurban saja. Personil dan pegawai di Polres Batu kami atas namakan terhadap hewan yang dikurbankan," tegasnya.

Sebelum disembelih, hewan di Polres Batu dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat. Budi pun berharap, daging yang didistribusikan bisa bermanfaat bagi kesatuan dan masyarakat.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved