Kota Batu

Anggota DPRD Kota Batu akan Dapat 'Pesangon', Segini Jumlahnya

"Dalam kekosongan jabatan sementara, ketua DPRD akan diisi oleh partai dengan suara terbanyak. Yang tak lain adalah PDI Perjuangan."

Anggota DPRD Kota Batu akan Dapat 'Pesangon', Segini Jumlahnya
web
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, BATU – Anggota DPRD Kota Batu yang pensiun rencananya mendapatkan uang ‘pesangon’.

Sekretaris DPRD Kota Batu, Balok Yudono menjelaskan, tiap anggota mendapat uang berbeda sesuai jabatan. Balok menyebutnya sebagai uang jasa pengabdian.

Ia menguraiakan beberapa contoh misalnya, untuk ketua dewan akan mendapat uang jasa pengabdian senilai Rp 12,6 juta. Rinciannnya, ketua dewan mendapat enam kali gaji dalam sebulan gaji. Gaji yang diterima ketua dewan setiap bulan sebesar Rp 2,1 juta.

"Sedangkan untuk anggota dewan akan mendapat uang jasa pengabdian Rp 9,4 juta. Dari jumlah gaji bulanan Rp 1,5 juta," imbuhnya, Senin (12/8/2019).

Pelantikan sekaligus pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Batu terpilih periode 2019-2024 bakal digelar pada tanggal 30 Agustus 2019. Nantinya ada 30 anggota dewan yang bakal dilantik. Lebih dari separuhnya adalah anggota dewan yang inkumben.

Balok menjelaskan, usai pengucapan sumpah jabatan, kursi ketua dewan akan kosong sementara waktu. Sesuai aturan kursi untuk ketua dewan bakal diisi oleh anggota dari partai yang meraih suara terbanyak.

"Dalam kekosongan jabatan sementara, ketua DPRD akan diisi oleh partai dengan suara terbanyak. Yang tak lain adalah PDI Perjuangan. Kemudian untuk wakil akan diisi oleh PKB," ujar Balok.

Untuk siapa yang bakal menjadi ketua dan wakil sementara pihaknya akan menyurati kedua partai tersebut. Untuk kemudian partai akan mengirimkan nama anggota DPRD terpilih untuk mengisi jabatan ketua dewan sementara.

Saat ditanya tentang apa saja kesiapan dan anggaran pelaksanaan sumpah janji anggota DPRD, pihaknya menggunakan uang persediaan yang telah masuk program paripurna tahun 2019. Uang itu meliputi makanan dan minuman hingga dekorasi.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso mengungkapkan jika saat ini pihaknya masih akan menggelar rapat internal untuk memilih siapa yang bakal menjadi ketua dewan sementara.

"Kami masih merapatkan siapa yang akan menjadi ketua dewan sementara. Dalam waktu dekat ini kami akan sampaikan. Selain itu kami juga masih menunggu kiriman surat dari Sekwan," terangnya. 

 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved