Malang Raya

Kejaksaan Negeri Kota Malang Tuntaskan Puluhan Kasus Aset Pemkot Malang

Banyaknya aset yang diselamatkan itu pun membuat Kejari Kota Malang yang bertipe A ini menjadi satu-satunya Kejari di wilayah Jawa Timur yang banyak..

Kejaksaan Negeri Kota Malang Tuntaskan Puluhan Kasus Aset Pemkot Malang
Benni Indo
Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Amran Lakoni. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Amran Lakoni, menegaskan peringatan kemerdekaan bukan sekadar seremonial belaka. Namun juga perlu dimaknai dengan kinerja di masing-masing instansi maupun tempat.

“Dalam rangka menjadi lebih baik ini, kita maknai kemerdekaan dengan kinerja kita masing-masing,” kata Amran membuka pernyataan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/8/2019).

Sebagai seorang Kepala Kejaksaan, Amran mengatakan kalau pihaknya telah berupaya meningkatkan kinerja, khususnya dalam bidang hukum.

Amran menjelaskan, persoalan hukum yang ditangani di Kejaksaan Negeri Kota Malang beragan, tidak sekadar persoalan pidana seperti pencurian dan penjambretan, namun juga ada kasus-kasus lainnya yang lebih besar seperti kasus korupsi.

“Saya selaku Kepala Kejaksaan negeri, tentu melakukan langkah penegakan hukum. Sehingga kita tidak saja memperingati kemerdekaan secara seremonial. Tapi bagaimana bertindak, sehingga makna dari pendahulu kita dalam memperjuangkan kemerdekaan ini tercapai,” terangnya.

Amran pun tidak segan-segan menegakkan hukum, baik di kalangan luar kejaksaan maupun di dalam tubuh kejaksaan sendiri. Hal itu sebagai bentuk konsistensi terhadap tanggungjawab hukum.

Amran juga menegaskan kalau Kejari Kota Malang sangat terbuka kepada siapapun, khususnya Pemkot Malang. Dalam upaya menegakkan keadilan. Katanya, sinergitas antara Kejari Kota Malang dan Pemkot Malang sangat diperlukan.

Itu terbukti dari penanganan sejumlah kasus oleh Kejari Kota Malang. Seperti pengusutan kasus penjualan aset milik Pemkot Malang yang dilakukan oleh pihak swasta. Bahkan dikatakan Amran, ada puluhan aset yang telah diselamatkan oleh Kejari Kota Malang.

Banyaknya aset yang diselamatkan itu pun membuat Kejari Kota Malang yang bertipe A ini menjadi satu-satunya Kejari di wilayah Jawa Timur yang banyak menyelematkan kerugian negara.

Pemkot Malang dan Kejari Kota Malang tidak bisa dipisahkan dalam upaya membangun masyarakat yang memiliki kapasitas untuk mengarungi kompitisi global. Pemahaman tentang hukum di mata masyarakat, kata Amran, sangat penting.

Saat ini, Kejari Kota Malang memiliki tiga program yang rutin dikerjakan. Yakni penyuluhan hukum, jaksa masuk sekolah dan penerangan hukum. Dijelaskan Amran, penyuluhan hukum adalah upaya edukasi tentang hukum kepada masyarakat secara umum.

Sementara jaksa masuk sekolah adalah penyuluhan hukum kepada generai muda yang sekolah mulai tingkat SMP hingga perguruan tinggi. Sedangkan penerangan hukum adalah penyuluhan hukum yang diberikan kepada para pejabat, mulai dari ASN hingga para pejabat kepala di kedinasan.

“Agar mereka tidak salah jalan. Saat ini banyak yang salah jalan dan salah langkah. Saat ini program-program itu masih berjalan. Kamit idak cukup dengan penindakan, namun pencegahan juga,” tegas Amran. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved