Kota Batu

Aplikasi Seskeudes di Kota Batu Kurang Efektif, Ini Komentar Wali Kota Dewanti Rumpoko

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyayangkan tidak efektifnya penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dari perangkat desa.

Aplikasi Seskeudes di Kota Batu Kurang Efektif, Ini Komentar Wali Kota Dewanti Rumpoko
Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko 

SURYAMALANG.COM, BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyayangkan tidak efektifnya penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dari perangkat desa.

Pasca penerapan Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) pada November 2018 lalu ternyata membuat 19 desa di Kota Batu menorehkan Sisa Lebih Pembelanjaan Anggaran (Silpa) hingga mencapai Rp 16 Milyar.

Dewanti membandingkannya dengan kondisi di Kabupaten Malang yang memiliki ratusan desa. Kata Dewanti, seharusnya dengan sedikitnya jumlah desa di Kota Batu, justru bisa memanfaatkan sistem tersebut dengan baik.

"Jika dibandingkan dengan Kabupaten Malang, jumlah desanya ratusan. Namun kalau 19 desa di Kota Batu yang tidak paham maka ya kok kebacut sekali,” ujar belum lama ini.

Dari temuan ini, Pemkot Batu akan mengevaluasi seluruh desa terkait pemahaman tentang Siskeudes.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD2P3AP2KB) Kota Batu Edi Juinarianto menjelaskan kalau pihaknya selama ini telah melakukan pendampingan terhadap perangkat desa.

“Padahal sudah kami lakukan pendampingan dan kami berikan sosialisasi," ungkap Edi.

Ia juga menjelaskan pihak DPMD2P3AP2KB bahkan juga pernah mendatangkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Batu dan Dinas Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu agar program pada 19 desa tersebut bisa berjalan dengan baik.

Edi menjelaskan, Silpa yang mencapai milyaran rupiah tersebut karena beberapa faktor.

Namun yang menjadi alasan dominan bagi desa yakni banyak berkas dan syarat administrasi yang belum dilengkapi sehingga program yang diajukan menjadi terbengkalai.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved