Kabar Trenggalek

Buka Pasar Rayat Trenggalek, Bupati Mochamad Nur Arifin Prioritaskan UMKM Lokal

Mayoritas peserta Pasar Rakyat adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal asli #Trenggalek. Jumlahnya 214 UMKM.

Buka Pasar Rayat Trenggalek, Bupati Mochamad Nur Arifin Prioritaskan UMKM Lokal
Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berkeliling di lokasi stan Pasar Rakyat, Senin (19/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Pagelaran Pasar Rakyat untuk menyambut Hari Jadi RI Ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Trenggalek Ke-825 kembali digelar selama sepekan mulai Selasa (19/7/2019).
Pasar Rakyat ini diikuti oleh 284 peserta. Mereka membuka stan di jalan sekitar Alun-Alun Kabupaten.

Dari jumlah itu, mayoritas peserta Pasar Rakyat adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal asli Trenggalek. Jumlahnya 214 UMKM. Sementara 70 sisanya merupakan UMKM dari luar kota.

Mayoritas UMKM yang ikut dalam pagelaran itu, yakni pemproduksi kerajinan, makanan, dan minuman.
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mengatakan, prosi UMKM lokal memang diprioritaskan untuk Pasar Rakyat tahun ini.

Hal itu yang membuat pagelaran sekarang berbeda dengan Pasar Rakyat serupa tahun lalu. Pada 2018, komposisi peserta Pasar Rakyat dari luar kota dan lokal Trenggalek seimbang.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

"Saya memang minta untuk porsi UMKM lokal diutamakan. Termasuk kami melokalisir PKL (Pedagang Kaki Lima) yang selama ini ketika ada Pasar Rakyat tetap berjualan di alun-alun, tahun ini kami pindah supaya dapat spot," kata Mas Ipin, usai pembukaan, Senin (19/8/2019) sore.

Menurut Mas Ipin, pemberian porsi UMKM lokal lebih banyak cukup membuahkan hasil.
"Tadi ada pedagang yang kami tanya, hasilnya tiga kali lipat dibanding saat berjualan di sekitar alun-alun sebelumnya," ungkap dia.

Kepada warga, ia mengimbau agar turut meramaikan Pasar Rakyat. Ia juga meminta para agar para calon pembeli lebih selektif untuk mengutaman produk buatan UMKM lokal.

Asisten II Pemkab Trenggalek Agung Sujatimiko menargetkan, sepuluh ribu orang akan datang saban hari di pasar rakyat itu. Apabila menilik pagelaran serupa tahun lalu, target tersebut memungkinkan untuk diraih.

Ia berharap UMKM lokal bisa banyak belajar juga dari UMKM luar kota yang ikut pameran. Ia bilang, panitia telah selektif untuk memilih UMKM asal luar yang berkualitas. Tujuannya agar bisa saling bertukar ide dan kreativitas antarpelaku UMKM.

"Harapan kami, para UMKM bisa bersinergi dengan baik," tambah Agung.

Di hari pertama pembukaan, ratusan warga tampak memadati lokasi Pasar Rakyat. Mereka berkeliling stan melihat-lihat hasil kreasi yang dijual di pasar itu.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved