Kota Batu

Desa Sumberejo dan Desa Gunungsari di Kota Batu Buka Kembali Pendaftaran Calon Kepala Desa

Desa Sumberejo Kecamatan Batu dan Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu kembali membuka pendaftaran bakal calon kepala desa.

Desa Sumberejo dan Desa Gunungsari di Kota Batu Buka Kembali Pendaftaran Calon Kepala Desa
Benni Indo
Kasubag Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Setda Kota Batu Abdul Salam. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Desa Sumberejo Kecamatan Batu dan Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu kembali membuka pendaftaran bakal calon kepala desa. Hal ini dilakukan karena pendaftar sebelumnya tidak memenuhi verifikasi.

Kasubag Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Setda Kota Batu Abdul Salam menjelaskan, di Desa Sumberjo, seluruh pendaftar tidak lolos verifikasi. Lalu, Desa Gunungsari hanya ada 1 pendaftar.

"Desa Sumberjo dan Gunungsari membuka kembali pendaftaran calon kades tahap dua ini," terang Salam di kantornya, Senin (19/8/2019).

Tahap kedua ini telah dimulai sejak Jumat (9/8/2019) hingga tanggal 28 Agustus 2019. Jika sampai batas akhir waktu pendaftaran tidak ada bacalon yang mendaftar, maka sesuai aturan bisa dipastikan kedua desa itu tidak bisa mengikuti pilkades serentak.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

"Kalau sampai batas waktu tidak ada perubahan, kami pastikan dua desa gagal ikut pilkades serentak 2019 dan wajib mengikuti pilkades serentak 2020 mendatang," tegas Salam.

Solusi kekosongan jabatan nanti akan diisi oleh pelaksana jabatan (pj) kepala desa. Dengan dijabat seorang Pj, pemerintahan desa tidak memiliki kewenangan penuh seperti kepala desa definitif.

Terpisah, Ketua Pilkades Desa Sumberejo, Totok P mengatakan bahwa pendaftaran tahap pertama bakal calon kades di Desa Sumberejo ada lima calon yang mengambil formulir. Tapi semua pendaftar tidak lolos verifikasi.

" Tahap pertama kemarin ada lima bakal calon yang ambil formulir. Namun yang mengambalikan hanya empat orang dan semuanya berkasnya kurang. Sehingga harus memasuki pendaftaran tahap kedua," terang Totok.

Sejauh ini ada satu pendaftar mengambil formulir tahap dua bernama. Totok berharap ada pendaftar lain dan nanti lolos tahap verifikasi.

"Ya semoga ada pendaftar lagi dan lolos verifikasi setidaknya dua calon lah biar bisa mengikuti pilkades serentak," tutupnya.

Pilkades serentak 2019 di Kota Batu rencananya diikuti oleh 11 desa. Pemilihan kades bakal dilangsungkan pada 2 Oktober 2019. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved