Malang Raya

Ugik Arbanat String Ensemble Nyanyikan Lagu Jangi Janger, Kolaborasi dengan Paduan Suara SD Aysiyah

Road show Agoestoesan Ugik Arbanat String Ansamble menyinggahi SD Aisyiyah Jl Gajayana Gg III D Kota Malang, Senin (19/8/2019).

Ugik Arbanat String Ensemble Nyanyikan Lagu Jangi Janger, Kolaborasi dengan Paduan Suara SD Aysiyah
Sylvianita Widyawati
Siswa yang tergabung di eskul paduan suara SD Aisyiah JL Gajayana III D bernyanyi bersama lagu Jangi Janger dengan Ugik Arbanat String Ansamble, Senin (19/8/2019) dengan lagu nasional dan daerah. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Road show Agoestoesan Ugik Arbanat String Ensamble menyinggahi SD Aisyiyah Jl Gajayana Gg III D Kota Malang, Senin (19/8/2019).

Siswa berkumpul di halaman sekolah sambil lesehan. Kemudian siswa TK berbaur bersama sehingga suasana tambah ramai. Ugik tidak tampil sendiri. Ia juga melibatkan eskul paduan suara di SD itu.

"Katanya disini ada eskul paduan suara? Siapa yang ikut paduan suara?" tanya Ugik pada para siswa. Tak lama sejumlah siswa maju ke depan. Mereka kemudian berkolaborasi lagu Jangi Janger yang telah dipelajari siswa di eskul.

Selain itu, juga bernyanyi bersama lewat lagu Gemu Fa Mi Re yang sudah tidak asing lagi bagi anak-anak.

Di luar dua lagu awal yang kurang familiar di telinga anak-anak, sisa lagu lainnya direspon bagus dengan bernyanyi bersama. Ugik juga membagikan selembar kertas ke para siswa untuk lagu-lagu yang kemungkinan kurang familiar dengan harapan bisa bernyanyi bersama.

"Ini agenda tahunan Arbanat String Ansamble bertajuk Simfoni Tjinta Tanah Air dengan mendatangi SD-SD," jelas Ugik pada wartawan. Ini selalu dilakukan tiap Agustus. Tahun ini selain ke SD Aisyiah, juga ke MI Sunan Giri Tumpang, Kabupaten Malang dan ke SD Polowijen 3 Kota Malang.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Alasan menyinggagi SD-SD karena ia ingin anak-anak ingat dan mengenal lagu-lagu nasional dan daerah. Begitu juga lagu dolanan. Lagu-lagu nasional dan daerah diaransemen ulang.

"Kami senang disinggahi mereka. Sehingga anak-anak juga mengenal lagu nasional dan daerah," jelas Wage Munawar, Kepala Sekolah pada suryamalang.com di sela acara.

Baru pertama kalinya SD ini didatangi Ugik Arbanat String Ansamble. Apalagi para siswa dalam rangkaian HUT RI ke 74 juga telah menyelesaikan lomba-lomba.

Dikatakan Wage, paduan suara merupakan eskul baru di SD ini dan baru berusia 1,5 tahun. Meski belum menghasilkan prestasi, namun siswa jadi berani tampil di depan umum.

Beberapa kali di kegiatan sekolah, eskul ini dilibatkan. Adanya lagu-lagu nasional ada yang kurang familiar di telinga siswa, ia menyarankan guru untuk mengajarkan.

"Mulai besok minta ajari guru ya lagu-lagunya? Jika sudah hafal tanpa membawa teks, mau saya datangi lagi? Gratis," ujar Ugik. Siswa berteriak mau.

Dijelaskan, ia dan teman-temannya gelisah dengan kondisi lagu daerah atau lagu daerah kalah dengan lagu-lagu yang sebetulnya belum waktunya mereka konsumsi. Karena itu ia rutin tiap tahun pentas ke sekolah-sekolah agar siswa lebih mengenal lagu-lagu nasional. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved