Breaking News:

Kota Batu

PDI Perjuangan Kota Batu Tunjuk Bendahara, Asmadi, jadi Ketua Sementara DPRD Kota Batu

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan, ketua sementara DPRD Batu akan dijabat Asmadi.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Benni Indo
Ketua PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso, yang juga menjabat Wakil Wali Kota Batu, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan, ketua sementara DPRD Batu akan dijabat Asmadi.

Pada Senin sore, PDI Perjuangan Batu akan rapat dan menyodorkan nama Asmadi.

“Sesuai surat yang dilayangkan Ketua DPRD Batumelalui Sekwan, minta agar sesuai UU, pemenang pemilu pertama dan kedua untuk menyampaikan calon ketua dan wakil ketua untuk sementara,” kata Punjul yang juga Wakil Wali Kota Batu itu, Senin (26/8/2019).

PDI Perjuangan berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD setelah penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan meraih enam kursi untuk partai berlambang banteng moncong putih ini.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Dikatakan Punjul, kalau dulu peraturannya yang menjadi ketua adalah yang tertua dan termuda, saat ini adalah partai pemenang pertama dan kedua. Sementara untuk partai pemenang kedua yakni PKB.

Berdasarkan peraturan internal PDI Perjuangan, persyaratan utama dan pertama yang menjadi ketua DPRD adalah ketua partai.

Namun karena Punjul menjabat sebagai Wakil Wali Kota Batu, yang berhak selanjutnya adalah sekretaris. 

Punjul menjelaskan, karena sekretaris belum memenuhi persyaratan yakni minimal pernah menjadi anggota DPRD minimal lima tahun, maka jatah diberikan kepada Bendahara partai yakni Asmadi. 

Selain itu, Asmadi juga telah mendapatkan persetujuan dari DPD.

“Itu sesuai dengan peraturan partai No 7 Tahun 2019,” jelas Punjul.

Sekali pun PDI Perjuangan menjadi partai pemenang dengan jumlah enam kursi, namun Punjul mengatakan tetap akan menggandeng teman koalisi.

Katanya, untuk membangun Kota Batu, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Melainkan harus menggandeng yang lain.

Namun Punjul belum menjelaskan secara rinci partai mana saja yang akan digandeng PDI Perjuangan. Sejauh ini, PDI Perjuangan telah membangun komunikasi dengan sejumlah elit partai yang ada di Kota Batu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved