Breaking News:

Malang Raya

GALERI FOTO - Ritual Sedekah Bumi di Kelenteng Tertua Kota Malang

SEDEKAH BUMI - Pengurus Kelenteng membakar Patung Boo Tho usai pembagian paket sembako, rangkaian ritual Sedekah Bumi di Kelenteng Eng An Kiong.

Hayu Yudha Prabowo
SEDEKAH BUMI - Dua wisatawan manca negara melihat proses pembagian paket sembako dalam ritual Sedekah Bumi di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Rabu (28/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Ribuan warga memadati halaman Klenteng Eng An Kiong di Jalan Martadinata, Kota Malang, Rabu (28/8/2019).

Mereka mengantre untuk mendapatkan paket sembako dalam Upacara Sembahyang Rebutan (Boo Tho) yang digelar Yayasan Kelenteng tertua di Kota Malang itu.

Kegiatan yang juga dikenal sebagai sedekah bumi ini merupakan agenda tahunan Kelenteng yang telah berusia 194 tahun ini. Humas Yayasan Klenteng Eng An Kiong Bonsu Anton Triyono mengatakan, sedekah bumi merupakan kegiatan sembahyang ke leluhur.

SEDEKAH BUMI - Pengurus Kelenteng membakar Patung Boo Tho usai prosesi pembagian paket sembako, rangkaian ritual Sedekah Bumi di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Rabu (28/8/2019).
SEDEKAH BUMI - Pengurus Kelenteng membakar Patung Boo Tho usai prosesi pembagian paket sembako, rangkaian ritual Sedekah Bumi di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Rabu (28/8/2019). (Hayu Yudha Prabowo)

Anton menjelaskan, tradisi sedekah bumi filakukan sejak berdirinya kelenteng. Tahun ini, disiapkan lebih dari tiga ribu paket sembako yang berisi beras, mie bihun dan kecap.

"Harapan kita setiap tahun jumlah penerima bisa semakin berkurang," ungkapnya.

Selain pembagian sembako, pada akhir acara juga dilakukan pembakaran patung Boo Tho setinggi lima meter di halaman kelenteng. “Patung ini merupakan simbol kejahatan dan hal negatif, makanya dibelenggu agar tidak mengganggu acara. Nanti setelah acara dibakar di halaman kelenteng, " Pungkas Anton.

Acara ini dihadiri Wali Kota Malang, Sutiaji dan Dandim 0833 Kota Malang, Kol Inf Tommy Andersonyang dimulai pada pukul 06.00 dan berakhir pada 11.00. Arus lalu lintas di jalan ini sempat padat, akibat kendaraan warga yang diparkir di sekitar Kelenteng.

LIHAT FOTO-FOTO LAINNYA DI FACEBOOK SURYA AREMA: 

Penulis: Hayu Yudha Prabowo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved