Malang Raya

Plt Bupati Malang Sanusi Serukan Keluarga Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan

Plt Bupati Malang Sanusi menilai peran keluarga dalam pembangunan bangsa memiliki peran penting

Plt Bupati Malang Sanusi Serukan Keluarga Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan
Erwin
Plt Bupati Malang, Sanusi ketika menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI Tahun 2019 di Lapangan Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KASEMBON - Plt Bupati Malang Sanusi menilai peran keluarga dalam pembangunan bangsa memiliki peran penting.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI Tahun 2019 yang jatuh pada hari ini Selasa (3/9/2019) menjadi memontum tepat untuk menerapkan tema asion 'Cinta Keluarga, Cinta Terencana'.

Sanusi mendorong keluarga berikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa terutama di bidang kependudukan di Kabupaten Malang.

"Keluarga sebagai unit terkecil dalam struktur masyarakat memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan pembangunan bangsa," ujar Sanusi ketika menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI Tahun 2019 di Lapangan Desa Bayem Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Kontribusi yang bisa diberikan keluarga untuk pembangunan, dijelaskan Sanusi bisa melalui pengendalian jumlah penduduk yang terencana. Seperti penerapan keluarga berencana..

"Keluarga adalah awal. Melalui keluarga dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang religius, berkarakter, sopan santun dan kebajikan," jelas Sanusi.

Kepada masyarakat Kasembon yang hadir, Sanusi memamerkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kini telah berhasil mengembangkan program inovatif berupa Program CONTRA WAR (Contraceptive For Woman At Risk).

Wujudnya, mampu menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi hingga sebesar 50 persen.

"Keberhasilan tersebut diharapkan bisa diteruskan dan lebih dimantapkan lagi. Semoga, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) bisa terus berinovasi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," jelas politisi PKB itu.

Sanusi juga menyampaikan, berdasarkan hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2016 silam, laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Malang sebesar 0,62%, masih berada di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur yaitu sebesar 0,56%.

Di sisi lain, angka kelahiran total atau fertility rate (TFR) Kabupaten Malang sebesar 2,06 juga masih berada di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur sebesar 1,91.

"Apa pentingnya harta jika keluarga terpecah belah. Lebih baik harta cukup, namun keluarga sejuk dan sejahtera. Itulah idaman semua keluarga," beber Sanusi berceramah. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved