Kabar Jember

Yuni Shopia, Istri Bupati Nganjuk, Kenalkan Batik Nganjuk ke Ajang Jember Fashion Society (JFS)

JEMBER FASHION SOCIETY: QMR X Yuni Sophia perpaduan dua nama, yakni QMR dan Yuni Shopia. Yuni Shopia adalah istri Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat.

Yuni Shopia, Istri Bupati Nganjuk, Kenalkan Batik Nganjuk ke Ajang Jember Fashion Society (JFS)
sri wahyunik
Dari kiri ke kanan : Desainer QMR, model mengenakan motif batik Panen Brambang, dan Ketua Dekranasda Nganjuk Yuni Shopia saat pembukaan Jember Fashion Society di Jember, Senin (2/9/2019) malam 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Batik Nganjuk tampil di acara Jember Fashion Society (JFS) yang digelar di Lippo Plaza Jember. JFS digelar mulai Senin (2/9/2019) hingga Minggu (8/9/2019). Sejumlah desainer menampilkan brand mereka di JFS 2019. Salah satunya 'QMR X Yuni Sophia', brand asal Kabupaten Nganjuk.

QMR X Yuni Sophia perpaduan dua nama, yakni QMR dan Yuni Shopia.

Yuni Shopia adalah istri Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. Lazimnya istri bupati,  Yuni Shopia juga menjadi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk dam Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nganjuk. Sedangkan QMR, seorang desainer muda Indonesia.

JFS bakal menampilkan pagelaran busana batik dari para desainer tersebut. QMR X Yuni Shopia tentunya menampilkan batik Nganjuk dalam puncak peragaan busana pada Sabtu (6/9/2019) malam nanti.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Selain itu, para perajin Nganjuk juga terlibat dalam pameran di JFS 2019. Para perajin menyuguhkan aneka kerajinan khas Nganjuk, mulai dari batik Nganjuk, kerajinannya, sampai makanan dan minuman khas produksi pelaku UMKM Nganjuk.

"Kegiatan ini adalah kegiatan Dekranasda Nganjuk bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk. Kami terlibat dalam acara Jember Fashion Society ini untuk makin mengenalkan batik khas Nganjuk. Karena potensi Nganjuk ini sangat luar biasa, termasuk batiknya," ujar Yuni Shopia kepada SuryaMalang.com usai pembukaan JFS di Jember, Senin (2/9/2019) malam.

Dekranasda Nganjuk ingin mengangkat batik Nganjuk, dan mengenalkannya ke masyarakat nasional dan internasional. Karenanya, Yuni berkolaborasi dengan desainer QMR. QMR mendesain batiknya, sedangkan Yuni memberikan sentuhan 'look design' pada motif batik tersebut.

Kabupaten Nganjuk memiliki motif khas. Bahkan ada 10 motif batik yang sudah dipatenkan seperti motif Jayastamba, motif yang terinspirasi dari Prasasti Jayastamba.

"Berbicara motif batik Nganjuk sendiri ada banyak sekali. Bahkan sejumlah desa di sejumlah kecamatan yang ada perajin batiknya memiliki motif masing-masing yang mengangkat kearifan lokal di sekitarnya, mengangkat kekayaan lokal di sekitarnya," lanjut Yuni.

Bawang merah yang menjadi komoditas pertanian utama di Nganjuk juga diangkat menjadi motif batik yakni motif 'panen brambang'. Angin yang menjadi sebutan Kabupaten Nganjuk yakni kota angin juga menjadi motif di batik Nganjuk.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved