Kabar Surabaya

Jalan Tol Krian di Mojokerto hingga Bunder di Gresik Beroperasi Akhir Tahun 2019

Jalan Tol Krian di Mojokerto hingga Bunder di Gresik Beroperasi Akhir Tahun 2019

Jalan Tol Krian di Mojokerto hingga Bunder di Gresik Beroperasi Akhir Tahun 2019
PT Jasa Marga Pandaan Malang
ILUSTRASI PROYEK JALAN TOL. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Penguatan kewilayahan dan pengembangan industri di Jawa Timur menunjukkan tren positif dengan adanya adanya infrastruktur jalan tol.

Setelah jalan Tol Sumo, Pandaan- Malang, hingga Pasuruan - Probolinggo, akhir tahun ini jalan Tol Krian (Mojokerto) – Bunder (Gresik) dipastikan selesai dan dioperasikan.

“Tol Krian – Bunder akhir tahun ini dioperasikan untuk penguatan kewilayahan khususnya di kawasan Utara Jawa Timur,” kata Wahid Wahyudi, Asisten II Perekonomian Sekdaprov Jatim, di seminar pengembangan industri Disperindag Jatim, Kamis (05/09/2019).

Menurutnya, selain operasional Tol Krian – Bunder, pihaknya juga mendorong infrastruktur jalan tol lainnya di kawasan Pantura, mengingat banyak  perusahaan strategis di wilayah itu.

Setelah tol Krian - Bunder, selanjutnya adalah Ngawi – Tuban, Manyar – Bunder dan di lanjutkan hingga Krian.

Akses tol ini penting karena di kawasanTuban banyak industri di sana, ada kilang minyak terbesar di Indonesia ada semen Indonesia. 

Dilanjutkan ke Manyar, ada kawasan industri yang terintegrasi dengan perumahan dan pelabuhan.

“Daerah dan kawasan ini penting karena masuk dalam Surabaya Megapolitan, yang masih berada di radius 100 km dari Surabaya,” lanjutnya. Selain Tuban, Gresik juga ada Malang, Probolinggo dan Madura.

Infrastruktur berupa jalan tol ini juga menjaga kondisi antar wilayah agar tidak terjadi ketimpangan dengan daerah lain.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved