Malang Raya

Reaksi Wali Kota Malang Sutiaji Perihal Penutupan dan Penjualan Museum Bentoel

Museum Bentoel terkait dengan riwayat PT Bentoel Group, produsen rokok yang didirikan Ong Hok Liong kelahiran Bojonegoro.

Reaksi Wali Kota Malang Sutiaji Perihal Penutupan dan Penjualan Museum Bentoel
Google Maps
Museum Bentoel di Jalan Wiromargo No 32, Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Wali Kota Malang Sutiaji turut menyayangkan penutupan Museum Bentoel di Jalan Wiromargo No 32, Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Ia mengatakan, Museum Bentoel ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kota Malang.

"Ini saya barusan dapat informasi. Karena Malang menjadi heritage destination nanti kami coba dan kami akan berkoordinasi dengan dewan, kalau bisa memang jangan dijual. Kalau terpaksa dijual pemerintah kota berkeinginan untuk melestarikan itu," katanya, 9 September 2019.

Meski demikian, Sutiaji tidak melarang kepada Bentoel untuk menjual asetnya.

Hanya saja, pihak yang akan membeli bangunan tersebut harus mengikuti koridor heritage.

Dan bangunan heritage juga tidak boleh dialihfungsikan.

Sutiaji menilai, bahwa Museum Bentoel memiliki nilai sejarah yang panjang.

"Malang ini menjadi destinasi heritage. Bisa saja nanti kota minta untuk dijadikan ikon. Tapi tetap saja nanti pemilik baru harus mengikuti koridor bahwa bangunan tersebut tidak bisa dialihfungsikan," ucapnya.

Museum Bentoel terkait dengan riwayat PT Bentoel Group, produsen rokok yang didirikan Ong Hok Liong kelahiran Bojonegoro. Awalnya, Ong Hok Liong  berdagang palawija dan tembakau di Kota Malang pada tahun 1910.

Ia kemudian sukses mengembangkan usahanya, hingga mendirikan PT Bentoel Group yang produknya sangat terkenal era 1980 hingga 1990-an ketika iklan rokok begitu bebas.

Museum Bentoel Malang Tutup, Semua Koleksinya Tidak Ada dan Dipasang Banner DIJUAL

Musem Bentoel di Jalan Wiromargo No 32, Urek-Urek, Kota Malang, Senin (9/9/2019). Menurut penjaga, museum  tutup sejak tiga pekan lalu, dan kini bangunannya dijual.
Musem Bentoel di Jalan Wiromargo No 32, Urek-Urek, Kota Malang, Senin (9/9/2019). Menurut penjaga, museum tutup sejak tiga pekan lalu, dan kini bangunannya dijual. (edgar)
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved