Malang Raya

Cara SMAN 4 Kota Malang Memetakan Minat Siswa untuk Pilih Program Studi di Kampus

Ramadita, siswa kelas 12 SMAN 4 menyatakan sudah punya minat ke Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Cara SMAN 4 Kota Malang Memetakan Minat Siswa untuk Pilih Program Studi di Kampus
Sylvianita Widyawati
SMAN 4 Kota Malang mengadakan pameran pendidikan tinggi di aula, Kamis (12/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tinna Suprapti, guru Bimbingan Konseling SMAN 4 Kota Malang menyatakan sudah memetakan minat siswa untuk meneruskan ke pendidikan tinggi. Pilihan siswa relatif beragam. "Tapi kan ya dibatasi karena adanya seleksi masuk yang ketat," kata Tinna pada Suryamalang.com di sela pameran pendidikan tinggi di aula kompleks SMAN di kawasan Tugu Kota Malang, Kamis (12/9/2019).

Misalkan untuk lolos di SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) perlu skor tinggi dengan ikut UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Sehingga harus pandai memilih prodi di PTN dengan skor yang dimiliki. Dikatakan, memang sekolah belum memiliki data base skor UTBK di prodi-prodi di PTN. Tapi ada sejumlah kakak kelas yang pernah ikut UTBK memperlihatkan sertifikat skornya.

Dari hal itu juga disampaikan ke siswa. "Yang jadi persoalan adalah bagaimana membagi waktu antara belajar untuk ujian nasional (UN) dan SBMPTN karena harus ikut UTBK," jelasnya. Dua ujian itu juga penting karena menyangkut masa depan mereka. "Tapi anak-anak sekarang ya sudah latihan-latihan soal untuk UTBK dengan mencari sendiri," jawabnya. Hal ini karena kebanyakan siswa juga ingin lolos masuk PTN.

Tentang pilihan pendidikan tinggi, dikatakan Tinna, siswa bisa melakukan deteksi diri dari minat dan kemampuannya dan kondisi orangtua. Sehingga mereka bisa kemana dan melakukan apa. Selain pilihan kuliah ke PTN, siswa juga diberi wawasan prodi-prodi di PTS yang melakukan pameran di aula. Ada 20 PTS dari berbagai daerah ikut, termasuk di Malang. Juga diundang siswa-siswa dari SMA sekitarnya.

Ramadita, siswa kelas 12 SMAN 4 menyatakan sudah punya minat ke Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang. "Saya ingin memilih prodi itu tapi katanya sulit," aku Ramadita. Ia siswa dari peminatan IPA dan ingin memililih prodi soshum. Sedang Lutfiatul, siswa kelas 12 menyatakan sejak SD ingin masuk Astronomi di ITB.

"Tapi ortu tidak setuju dan disarankan masuk UB di Teknologi Industri Pertanian," paparnya. Sampai saat ini ia masih belum punya pilihan prodi lain. "Ingin juga ke Universitas Negeri Malang (UM) tapi belum tahu milih apa," jawab Lutfiatul. Mereka sempat melihat-lihat pameran pendidikan untuk menambah wawasan soal pilihan prodi dan perguruan tingginya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved