Nasional

KPK Terancam Lumpuh, Haris Azhar: Salah Pimpinan KPK Juga

Haris Azhar di Surabaya mengatakan, selama ini pimpinan KPK dianggap gagal membangun marwah dari lembaga anti rasuah tersebut.

KPK Terancam Lumpuh, Haris Azhar: Salah Pimpinan KPK Juga
Sofyan Arif Candra Sakti
Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar, di kantor PW Muhammadiyah Jatim, Sabtu (14/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai oleh aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar, juga ikut bertanggungjawab atas kondisi KPK yang terancam melemah dengan adanya revisi UU No 30 tahun 2002 tentang KPK.

Menurut Haris, selama ini pimpinan KPK dianggap gagal membangun marwah dari lembaga anti rasuah tersebut.

Haris juga mengkritisi KPK yang telat mengungkapkan bahwa Ketua KPK periode 2019-2023, Irjen Firli Bahuri, telah melakukan pelanggaran etik berat saat menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK

"Kasus Firli kenapa baru diumumkan kemarin, seharusnya sewaktu ada peristiwa tersebut langsung diumumkan. Lalu harus dijelaskan sejak nama tersebut muncul apakah sudah memberikan namanya ke pansel sebagai pertimbangan. Kenapa tiba-tiba baru teriak sekarang, telat," ucap Haris saat ditemui di kantor PW Muhammadiyah Jatim di Surabaya, Sabtu (14/9/2019).

Haris juga menilai, selama menjabat sebagai pimpinan KPK harusnya Agus Rahardjo dkk  berhasil 'mengedukasi' atau memberi pelajaran kepada Presiden dan DPR.

"Tapi yang terjadi mereka diam dan tersandera oleh politik dan intimidasi penegak hukum lainnya seperti Polri, Kejaksaan Agung yang intimidatif terhadap KPK. KPK gagal melawan dan puncaknya sekarang ini," ucapnya.

Sehingga menurut Haris, salah satu yang patut dipersalahkan sampai KPK bisa terancam lumpuh adalah pimpinan KPK sendiri.

"Secara akumulatif salah mereka juga," tutupnya. Sofyan Arif Candra Sakti

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved