Malang Raya

Pelatihan untuk UMKM Kota Batu, Bingung Juga Pilih Motif Tisu Decoupage

Kegiatan Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya Malang menggandeng 12 orang dari UMKM Kota Batu mengikuti pelatihan Decoupage

Pelatihan untuk UMKM Kota Batu, Bingung Juga Pilih Motif Tisu Decoupage
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Peserta UMKM Desa Junrejo Kota Batu memilih gambar tisu decoupage sebelum dipotong dan dipasang di media yang dijadikan tempat latihan, Sabtu (14/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Kegiatan Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya Malang menggandeng 12 orang dari UMKM Desa Junrejo, Kota Batu mengikuti pelatihan Decoupage di UKM Garuda di Jalan Dirgantara, Kota Malang, Sabtu (14/9/2019) lalu.

Mereka dilatih oleh Nanik Sriwahyuningsih, pemilik UKM itu. Setiap peserta mendapat paket starter kit seperti dua telenan kayu, kipas, lem, spon dll.

Juga disediakan berbagai motif tisu yang bisa dipilih mereka. Bagian tersulit adalah memilih gambar-gambar yang sesuai selera.

“Silakan dipilih 12 gambar per orang,” kata Nanik pada mereka.

Ada gambar aneka bunga hingga hewan. Warnanya juga cerah. Tiap orang bisa tidak sama memilih gambarnya atau terserah selera mereka.

Usai mendapatkan pilihan gambar tisu, mereka mulai memilih salah satu untuk dipasang di kipas. 

Tips memilih gambarnya adalah menyesuaikan dengan besaran media yang akan dipakai, yaitu kipas kecil. Sebelum dipasang, gambar ditisu digunting.

Untuk itu, medianya diberi olesan lem rajawali yang telah dicampur air yang disediakan baru dipasang gambarnya.

Sedang fungsi spon kecil bisa untuk menyerap/merapikan. Setelah itu baru dijemur agar kering. Agar gambar decoupage tidak rusak, maka diberi pernis.

“Simple banget kan?” ujar Nanik.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved