Kabar Surabaya

Penerbangan dari Surabaya ke Samarinda Dibatalkan, Tunggu Kondisi Kabut Asap 15 September Pagi

Gara-gara kabut asap, semua penerbangan dari Bandara Juanda di Sidoarjo menuju Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, dibatalkan.

Penerbangan dari Surabaya ke Samarinda Dibatalkan, Tunggu Kondisi Kabut Asap 15 September Pagi
Kukuh Kurniawan
Suasana ruang tunggu di T1 Bandara Internasional Juanda, Sabtu (14/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Gara-gara kabut asap, semua penerbangan dari Bandara Juanda di Sidoarjo menuju Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Selatan, dibatalkan.  

Manajer Operasional AirNav Surabaya, Ibnu Hargianto, mengatakan, penutupan karena jarak pandang di bandara tersebut terbatas.

"Karena membahayakan keselamatan penerbangan akhirnya bandara tersebut ditutup sementara waktu. Dari Notam yang diterima pihak AirNav, bandara di Samarinda ditutup hingga pukul 17.00," ujar Ibnu Hargianto, Sabtu (14/9/2019).

Ia menjelaskan meski begitu waktu tersebut dapat berubah sewaktu waktu tergantung kondisi kabut asap di sana.

"Kemungkinan besar baru akan dibuka kembali Minggu (15/9/2019) pagi. Karena akan lebih jelas melakukan pengecekan kondisi ketika pagi hari daripada malam hari," tambahnya.

Sementara itu, pesawat Nam Air dengan kode penerbangan IN 246 dari Surabaya ke Samarinda yang berangkat pukul 10.41 akhirnya memutuskan return to base (RTB) atau kembali ke bandara asal.

"Tadi pesawat sebenarnya sudah berangkat. Karena kabut asap yang membahayakan kondisi penerbangan serta bandara tujuan ditutup akhirnya pesawat kembali lagi ke Bandara Juanda," terang Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro.

Karena kabut asap yang tak kunjung berkurang serta masih ditutupnya bandara di Samarinda, akhirnya penerbangan Nam Air tersebut tak jadi berangkat (cancel).

"Penerbangan dibatalkan karena bandara ditutup dan menunggu kondisi kabut asap di sana berkurang. Semoga besok kondisi di wilayah Kalimantan berangsur menghilang kabut asapnya," tandasnya.

Pada hari Sabtu (14/9/2019), tiga penerbangan dari Surabaya menuju wilayah Kalimantan mengalami pembatalan karena kabut asap.

Yaitu penerbangan Nam Air dengan kode penerbangan IN 242 dan Wings Air kode penerbangan IW 1804 dengan tujuan kedua penerbangan adalah Sampit.

Sedangkan pembatalan penerbangan yang terakhir adalah Nam Air dengan kode penerbangan IN 246 dari Surabaya ke SamarindaKukuh Kurniawan 

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved