Malang Raya

Organisasi Perempuan Muda Muhammadiyah Beri Layanan Kesehatan di Siswa SMA Muhammadiyah 1 Malang

Pelayanan Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (Pashmina), organisasi perempuan muda di bawah Muhammadiyah mengadakan kegiatan Pashmina Goes to School.

Organisasi Perempuan Muda Muhammadiyah Beri Layanan Kesehatan di Siswa SMA Muhammadiyah 1 Malang
Sylvianita Widyawati
Suasana pelayanan kesehatan buat siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Senin (16/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pelayanan Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (Pashmina), organisasi perempuan muda di bawah Muhammadiyah mengadakan kegiatan Pashmina Goes to School ke SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Senin (16/9/2019).

Ini merupakan kegiatan pertama ke sekolah. Sasarannya, siswa kelas 10-12 di sekolah itu sebanyak 94 siswa.

"Kegiatannya seperti pelayanan posyandu untuk anak-anak. Tapi ini untuk para remaja" jelas Isnatul Chasanah, Sekretaris Pelaksana Kegiatan Pashmina kepada Suryamalang.com.

Untuk di sekolah ini ada pemeriksaan darah/HB, kesehatan dan IMT (Indeks Masa Tubuh). Dengan ikut IMT, maka bisa diketahui berat badan ideal dibanding dengan tinggi badan. Setelah mendapatkan pelayanan kesehatan, siswa diberi kue dan susu kemasan.

Fauzia Amini, siswa kelas 12 IPA menyatakan senang ikut pelayanan kesehatan. "Saya jadi tahu kondisi saya," jelas Fauzia.

Ia menunjukkan kertas isian Pashmina yang memperlihatkan BB HB dan berat badannya kurang. Sekilas Fauzia memang terlihat kurus tapi wajahnya cerah. "Tinggi badan saya 155 cm. Tinggi 38 kg. Harusnya berat badan ideal saya 40 an kg," jawabnya. Ia memeriksakan kesehatannya bersama temannya.

Dikatakan, jika tidak ada ini, ia juga tidak sempat memeriksakan kesehatannya. "Jadi ya bermanfaat ikut ini," kata dia dan kemudian pamit karena bel masuk berbunyi.

Dikatakaan Isna, panggilan akrabnya, Pashima adalah program nasional NA (Nasyiatul Aisyiyah) dan Kota Malang menjadi percontohan program ini. Pertama kali dirilis pada 2017 dan pada 2018 melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga seperti Fikes UMM, Psikologi UMM, Poltekes, Dinkes dll.

"Diharapkan nanti Pashmina Goes To School tak hanya menjangkau ke sekolah Muhammadiyah. Tapi juga lainnya," jelasnya. Fasilitator NA yang terjun pada kegiatan ini sudah ikut pelatihan dengan Poltekes yang memiliki program pemberdayaan masyarakat. Sehingga bisa saling sinergi dimana fasilitator bisa mengaplikasikan hasil pelatihan ke siswa. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved