Kota Batu

Perumdam Among Tirto Kota Batu Kelola 6 Mata Air, Semuanya Menyusut

Debit air di sejumlah sumber air di Kota Batu menyusut selama musim kemarau. Hal itu dikatakan Direktur Utama Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi.

Perumdam Among Tirto Kota Batu Kelola 6 Mata Air, Semuanya Menyusut
Perbaikan saluran pipa PDAM di Kecamatan Batu oleh PDAM beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Debit air di sejumlah sumber air di Kota Batu menyusut selama musim kemarau. Hal itu dikatakan Direktur Utama Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi. Perumdam Among Tirto adalah nama lain PDAM, BUMD Kota Batu

“Sumber susut semua karena anomali cuaca. Sekarang di Sumber Dharmi turun menjadi 16 liter/detik yang  sebelumnya 21 meter/detik,” ujar Sokek, sapaan akrab Edi Sunaedi, Senin (16/9/2019).

Meski menyusut, Sokek memastikan layanan tidak terganggu. Aliran air kepada pelanggan tetap mengalir seperti biasa. Hingga saat ini juga tidak ada keluhan dari warga terkati air.

Selain Dharmi, sumber air Ngesong dan Torong Belok juga menyusut. Hanya saja Sokek belum mengetahui persis angka penurunan debitnya.

Sokek pun mengajak agar masyarakat bisa memahami kondisi seperti saat ini. Pasalnya, setiap tahun aliran sumber air di Kota Batu menyusut. Ini seiring munculnya bangunan-bangunan yang berada di atas.

“Adanya sumur bor di tempat wisata dan perhotelan. Posisinya kan di atas,” imbuhnya.

Direktur Utama Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi.
Direktur Utama Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi. (Benni Indo)

Perumdam Among Tirto juga membentuk tim identifikasi sumber mata air dan sumur bor se-Kota Batu. Tim ini bertugas untuk mencatat debit air yang keluar.

Dijelaskan Sokek, tim yang saat ini ia bentuk itu bekerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Sokek mengatakan, keberadaan air sangat penting untuk kemaslahatan masyarakat Kota Batu. Ada enam mata air yang dikendalikan oleh Perumdam Among Tirto, dan ada 111 yang belum dikendalikan.

Ia juga menjelaskan, data resmi yang ia ketahui dari Pemprov Jatim, terdapat 55 sumur bor di Kota Batu. Namun Sokek meyakini, ada lebih dari 55 sumur bor yang berada di Kota Batu.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved