Malang Raya

5.229 Keluarga Miskin di Kabupaten Malang Dapat Bantuan Masing-masing 50 Ekor Ayam Jowo Super

Ayam Joper kependekan dari Jowo Super, hasil kawin silang antara ayam kampung dengan ayam pedaging.

5.229 Keluarga Miskin di Kabupaten Malang Dapat Bantuan Masing-masing 50 Ekor Ayam Jowo Super
ist
5.229 RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) di Kabupaten Malang mendapatkan bantuan dari program Bekerja 2019 masing-masing berupa 50 ekor ayam Joper, 150 kg pakan dan obat-obatan untuk masing-masing RTMP. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - 5.229 RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) di Kabupaten Malang mendapatkan bantuan dari program Bekerja 2019 masing-masing  berupa 50 ekor ayam Joper, 150 kg pakan dan obat-obatan untuk masing-masing RTMP.

Ayam Joper kependekan dari Jowo Super, hasil kawin silang antara ayam kampung dengan ayam pedaging.

Bantuan tersebut merupakan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera 2019 (#Bekerja) Kementrian Pertanian RI.

Bupati Malang,  HM Sanusi menerangkan bantuan ini sangat tepat bagi para penerima manfaat dalam hal ini Rumah Tangga Miskin dari tiga kecamatan di kabupaten Malang.

Satker UPT Pusvetma bertugas menyalurkan bantuan berupa ayam dengan jumlah 261.450 ekor beserta paket 150 kg pakan dan bantuan biaya kandang sebesar Rp 500 ribu kepada 5.229 RTMP di 29 desa yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kepanjen (8 desa), Kecamatan Pagelaran (9 desa), dan Kecamatan Gondanglegi (12 desa).

Penyaluran program Bekerja di Kabupaten Malang diawali dengan kegiatan verifikasi data RTMP dengan melibatkan aparat desa setempat.

"Saya yakin dengan diberikan bantuan ini, para penerima akan termotivasi untuk memelihara bibit ayam untuk dikembangbiakan," beber politisi PKB itu.

Kepala Pusvetma Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan  Agung Suganda, menerangkan, penerima bantuan telah dilakukan verifikasi sebelumnya.

"Apabila ada satu rumah tangga miskin belum menyelesaikan kandang, maka satu desa tidak mendapatkan bantuan. Ini supaya bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan dengan baik," tutur Suganda.

Di sisi lain, Hartono salah satu penerima bantuan berharap dapat mengembangkan usaha peternakan sembari melaksanakan profesi sebagai petani.

"Saya harap ini dapat menambah pendapatan keluarga," terang Hartono,  warga Penarukan, Kepanjen. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved