Kota Batu

KPU Kota Batu Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan evaluasi pencalonan anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu 2019 di Hotel Senyum, Kota Batu.

KPU Kota Batu Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu 2019
Benni Indo
Ketua KPU Kota Batu Mardiono 

SURYAMALANG.COM, BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan evaluasi pencalonan anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu 2019 di Hotel Senyum, Kota Batu, Kamis (19/9/2019).

Ketua KPU Kota Batu, Mardiono mengatakan bahwa rapat evaluasi diselenggarakan untuk menampung saran dari partai politik dan para stake holder.

"KPU mencari masukan sebanyak-banyaknya terkait pencalonan, hari ini fokus pemilihan anggota dewan," ujar Mardiono, Kamis (19/9/2019).

Dijelaskan Mardiono, proses pemilihan anggota DPRD Kota Batu banyak menyita waktu dan tenaga. Akibatnya, ada satu partai politik dan beberapa calon legislatif gagal mengikuti pesta demokrasi karena tidak memenuhi persyaratan di Kota Batu. Setelah adanya masukkan, KPU Kota Batu akan membawanya saat melakukan rapat dengan KPU RI di Jakarta.

"Kita berikan masukkan kepada KPU RI, agar bisa diakomodir dalam Pemilu tahun 2024," ujarnya.

Mardiono juga mebmeri saran agar parpol di Kota Batu bisa mengubah kebiasan kebiasaan lama. Yakni, parpol sering datang di masa akhir waktu pendaftaran. Padahal, kata Mardiono, hal itu sangat riskan ketika ada sejumlah berkas yang tidak memenuhi persyaratan.

“Kalau waktunya mepet, kan kesusahan untuk memperbaiki berkas,” paparnya.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengapresiasi langkah KPU Kota Batu menggelar rapat evaluasi. Pasalnya, rapat seperti ini adalah baru pertama kali dilakukan.

“Ini adalah suatu hal baik yang baru dilakukan periode sekarang. Harapannya, bahwa kekurangan apapun bisa disampaikan dari semua stakeholder yang ada,” ujarnya.

Punjul juga urun saran dalam beberapa hal. Di antaranya adalah penindakan terhadap politik uang. Punjul sangat sepakat kalau praktif politik uang dapat ditindak. Hanya saja selama ini kesulitan yang dihadapi adalah pembuktian.

Halaman
12
Tags
Kota Batu
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved