Malang Raya

Wali Kota Malang Sutiaji: Pembangunan Sky Train di Gunung Bromo Belum Pasti

Khofifah berniat mengarahkan dibangun sky train mulai Gunung Panderman di Kota Batu sampai kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

Wali Kota Malang Sutiaji: Pembangunan Sky Train di Gunung Bromo Belum Pasti
Chinanews.com
Skytrain di Qingdao, Priovinsi Shandong, China atau Tiongkok, 2017. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Wali Kota Malang, Sutiaji menyebut bahwa pembangunan kereta gantung atau Sky Train di Gunung Bromo masih belum pasti.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah  menyebut perusahaan dari China atau Tiongkok menawarkan proyek Sky Train. Lalu, Khofifah berniat mengarahkan dibangun sky train mulai Gunung Panderman di Kota Batu sampai kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

"Kemarin (18/9) sudah disampaikan. Jadi masih debatable atau belum pasti. Harus ada yang harus dibicarakan lagi," ucapnya kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (19/9/2019).

Sutiaji menyampaikan, pembangunan Sky Train juga harus melihat nasib dari para pelaku usaha transportasi yang ada di BTS.

Selain itu, pembicaraan nantinya harus merinci pada sejumlah pertimbangan sebelum direalisasikan.

"Kami ingin nantinya tidak mengurangi nasib usaha Jip-Jip yang ada di sana (Bromo). Jadi perlu dikaji lebih dalam," ucapnya.

Lebih jauh lagi ia menyampaikan, bahwa konsen pembangunan Sky Train ini seusai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang konsen dengan pariwisata di BTS.

Harapannya ialah mengoptimalkan sektor pariwisata Bromo kepada para wisatawan asing yang akan datang ke Indonesia.

Sutiaji menjelaskan, bahwa biasanya wisatawan yang datang ke Bromo hanya menghabiskan waktu paling lama tiga hari dari 13 hari waktu liburan.

Sementara di sepuluh hari berikutnya banyak yang menghabiskan waktunya di Pulau Bali.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved