Script Lettering, Seni Gambar Aksara untuk Undangan, Kado Wisuda, dan Lainnya

Script lettering, ungkap Novelia Damara, freelancer hand lettering, hadir dalam tampilan huruf tebal dan tipis.

Script Lettering, Seni Gambar Aksara untuk Undangan, Kado Wisuda, dan Lainnya
ahmad zaimul haq
Kegiatan membuat script lettering oleh Boxypens. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Script lettering merupakan salah satu teknik hand lettering, atau seni menggambar huruf.

Script lettering, ungkap Novelia Damara, freelancer hand lettering, hadir dalam tampilan huruf tebal dan tipis.

"Biasanya script lettering dibuat untuk undangan, kado wisuda, dan lain sebagainya. Medianya juga macam-macam, mulai dari kertas, akrilik, dan lain sebagainya," paparnya di Surabaya.

Apabila medianya menggunakan cupboard atau blackboard, maka menggunakan uni chalk. Sementara untuk media kaca, bisa menggunakan uni chalk atau posca marker.

Namun, alat atau kuas yang digunakan bisa dikombinasikan. Misalnya untuk penambahan warna gradasi bisa pakai uniball signo.

"Kalau pakai media akrilik, harus sketch dulu. Akrilik permukaannya licin, jadi harus hati-hati tintanya tidak meluber," kata Novelia.

Yang paling susah membuat script lettering, menurutnya yaitu menentukan tebal tipis, kemiringan, serta kerapian dan jarak antar huruf.

"Untuk membuat hand lettering, harus tahu pola dasar setiap huruf. Dibutuhkan latihan dan konsistensi. Untuk posisi tangan, setiap orang berbeda-beda," tuturnya.

Kemampuan hand lettering, dapat dipelajari sendiri. Namun lebih baik jika diajari oleh ahli agar lebih mengerti teknik dasarnya.

Memahami hal ini, beberapa waktu lalu, Boxypens, importir dan distributor merek Kokuyo dan Mitsubishi Pensil Jepang, mengadakan workshop hand lettering.

"Script lettering ini bisa dibuat terapi juga. Ada banyak media yang bisa dipilih. Selain itu, juga bisa menyalurkan hobi corat-coret," ungkap Direktur Boxypens, Sylvia Lohardjo.

Script lettering, lanjutnya, juga bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan. Apalagi, bisa menyasar segala usia. Selama ini, menurutnya, peminatnya selalu bagus.

Manfaat mengikuti dan belajar hand lettering dirasakan oleh Sesarina, mahasiswi Universitas Negeri Surabaya.

"Senang bisa belajar hand lettering. Bisa punya skill baru dan bermanfaat. Kegiatan ini kan bisa dilakukan kapan saja. Kalau mau kasih kado atau kartu ucapan, juga bisa bikin sendiri," katanya.

Yang paling susah, ungkap Sesarina, yaitu mempelajari basic dan menguasai bentuk huruf-hurufnya," Sesarina mengimbuhkan. Christine Ayu Nurchayanti

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved