Malang Raya

LL Dikti Ingin Perguruan Tinggi Jatim Unggul Di Riset

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah Jatim, Dr Widyo Winarso MPd ingin agar perguruan tinggi di Jatim juga unggul di riset.

LL Dikti Ingin Perguruan Tinggi Jatim Unggul Di Riset
mochammad rifky edgar hidayatullah
Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah Jawa Timur, Widyo Winarso. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah Jatim, Dr Widyo Winarso MPd ingin agar perguruan tinggi di Jatim juga unggul di riset.

Ini setelah banyak kampus di Jatim mampu masuk peringkat 100 besar yang dikeluarkan Kemenristekdikti. Begitu juga peringkat kemahasiswaannya juga bagus.

“Sekarang yang perlu dikejar adalah unggul di riset,” jelas Widyo kepada SURYAMALANG.COM saat di Malang lalu.

Dikatakan riset berubah hibah penelitian masih perlu didongkrak. Sehingga perguruan tinggi di Jatim unggul di segala aspek. Dan itu menjadi target LL Dikti.

Perubahan ini diharapkan  bisa ada dilihat pada tahun ini atau tahun depan. Tentang kendalanya, disebutnya mungkin pada proses pendampingannya, penyiapan dosen dll.

Intinya pada kualitas proposal. Tahun ini kami  sudah melakukan bimtek untuk penyusunan proposal dan pembinaan pada reviewer.

Sementara pemeringkatan lembaga pada perguruan tinggi yang sudah masuk 100 besar diharapkan dipertahankan atau ditingkatkan tahun depan. Meski diakui bobotnya makin berat.

“Kalau ada lembaga yang keluar dari peringkat 100 besar berarti kurang bagus di output dan outcome nya,” jelasnya.

Kinerja output yaitu kemahasiswaan, artikel scoous/dosen meneliti, kinerja penelitiaj, jumlah prodi terakreditasi internasional.

Sedang kinerja outcome pada inovasi, oaten per dosen, sitasi, pengabdian masyarakat dan kelulusan bekerja.

Sementara itu soal informasi calon dosen CPNS harus bergelar S3 dikatakan hanya untuk yang usia 35-40 tahun. 

“Kalau usia reguler ya tetap harus berpendidikan S2 karena itu sudah diatur di UU Guru dan Dosen,” katanya.

Memang jika mendapat dosen sudah bergelar S3, maka dari sisi risetnya sudah bagus. Meski belum tentu per individu jika untuk teaching (mengajarnya).

Bagi perguruan tinggi, jika sudah banyak dosen yang bergelar S3, maka akan membantu peningkatan di sisi SDM perguruan tinggi (kinerja input).

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved