Kota Batu

Sekretaris DPRD Kota Batu Kirim Surat ke Gubernur Pasca Penetapan Asmadi Sebagai Ketua DPRD Batu

Sekretaris DPRD Kota Batu, Balok Yudono akan mengirim surat hasil penetapan Ketua DPRD Batu ke Gubernur Jatim pada Senin (23/9/2019).

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Sekretaris DPRD Kota Batu, Balok Yudono akan mengirim surat hasil penetapan Ketua DPRD Batu ke Gubernur Jatim pada Senin (23/9/2019).

Sebelumnya, DPRD Batu telah menetapkan Asmadi dari PDI Perjuangan sebagai Ketua  DPRD Batu dalam rapat paripurna pengumuman dan penetapan calon pimpinan definitif DPRD Kota Batu masa jabatan 2019-2024.

“Senin akan dikirim ke Gubernur. Setelah itu akan turun SK sumpah jabatan. Kami harap dalam satu minggu atau akhir bulan ini sudah turun SK-nya,” ujar Balok kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (22/9/2019).

Pada Oktober ada dua agenda yang segera dilakukan oleh dewan terpilih. Oleh sebab itu, Balok berharap SK penetapan bisa segera dikirim ke Batu.

Dua agenda itu adalah orientasi atau bimbingan teknis (Bimtek) bagi dewan terpilih dan pembahasan APBD 2020.

Setelah penetapan ketua DPRD definitif melalui sumpah janji, alat kelengkapan dewan nantinya segera menyusul. Mulai dari pembentukan badan anggaran, badan musyawarah, komisi, badan legislatif dan badan kehormatan.

Dijelaskan Balok berdasarkan surat yang ia terima, Asmadi ditunjuk sebagai Ketua Dewan. Sedangkan untuk Wakil I adalah Nurcohman dari DPC PKB dan Heli Suyanto sebagai Wakil II DPRD Kota Batu. Ia menjelaskan sesuai aturan, yang menduduki ketua DPRD adalah partai dengan peraih kursi terbanyak.

PDI Perjuanham mendapat enam kursi. Kemudian wakil I adalah PKB dengan lima kursi dan wakil II dari Gerindra dengan empat kursi.

Ketua DPC PDI Perjuangan Batu, Punjul Santoso sebelumnya mengatakan peraturan internal PDI Perjuangan, menjelaskan bahwa yang menjadi ketua DPRD adalah ketua partai.

Namun karena Punjul menjabat sebagai Wakil Wali Kota Batu, yang berhak selanjutnya adalah sekretaris.

Punjul menjelaskan, karena sekretaris belum memenuhi persyaratan yakni minimal pernah menjadi anggota DPRD minimal lima tahun, maka jatah diberikan kepada Bendahara partai yakni Asmadi. Selain itu, Asmadi juga telah mendapatkan persetujuan dari DPD PDI Perjuangan.

“Itu sesuai dengan peraturan partai No 7 Tahun 2019,” jelas Punjul.

Sekalipun PDI Perjuangan menjadi partai pemenang dengan jumlah enam kursi, namun Punjul mengatakan tetap akan menggandeng teman koalisi.

Katanya, untuk membangun Kota Batu, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Melainkan harus menggandeng yang lain.

Namun Punjul belum menjelaskan secara rinci partai mana saja yang akan digandeng PDI Perjuangan. Sejauh ini, PDI Perjuangan telah membangun komunikasi dengan sejumlah elit partai yang ada di Kota Batu.

Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved