Malang Raya

Melihat Proyek Jalur Lintas Selatan (JLS) di Malang, Tahun Depan Bisa Tembus Blitar

Jalur sepanjang 20 kilometer akan menghubungkan pertigaan Pantai Balekambang sampai wilayah Kecamatan Donomulyo.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: yuli
erwin
Lokasi pembangunan JLS (Jalur Lintas Selatan) tetap berjalan. Bila sudah rampung, jalur sepanjang 20 kilometer akan menghubungkan pertigaan Pantai Balekambang sampai wilayah Kecamatan Donomulyo. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemerintah Kabupaten Malang  menegaskan pembangunan JLS (Jalur Lintas Selatan) tetap berjalan. Bila sudah rampung, jalur sepanjang 20 kilometer akan menghubungkan pertigaan Pantai Balekambang sampai wilayah Kecamatan Donomulyo.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jalur masih belum teraspal. Namun, badan jalan sudah terlihat. Sisi kanan dan kiri jalan masih berupa pepohonan. Tampak ada pohon menjulang tinggi terpaksa harus ditebang imbas pembangunan jalan.

Kontur tanah di sana terjal. Seperti bebatuan tebing. Di tengah perjalanan, terlihat sebuah jurang terjal. Warga setempat menamainya jurang V.

Alat berat berbagai jenis mulai dari truk, traktor hingga buldozer masih berada di proyek pembangunan tersebut.

"Kemarin kami meninjau pembangunan JLS. 2020 semoga rampung dan bisa menyambung ke Kabupaten Blitar. Sekarang, pembangunannya pada tahapan pemerataan dan pelebaran badan jalan," ungkap Bupati Malang, Muhammad Sanusi.

Tahun 2020 wilayah Malang Selatan berharap 'magis' JLS membawa dampak perubahan.

"Semoga bisa membuat akses JLS semakin mudah. Serta berdampak perekonomian di Malang selatan semakin meningkat dan bergeliat," ucap Sanusi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto menerangkan, JLS termasuk bagian proyek jangka panjang sebagai kelanjutan rencana lanjutan tol Malang - Pandaan sampai ke Kepanjen.

Jika terealisasi, proyek jangka panjang itu menambah infrastruktur di Kabupaten Malang dan Jawa Timur. Pasalnya, akses penghubung antara jalur lintas Utara dengan jalur lintas Selatan masih belum ada yang terkoneksi dengan tol. 

Untuk mewujudkan wacana tersebut, Tomie menerangkan dibutuhkan pembahasan lebih lanjut mengenai trase jalan, dengan Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang.

"Belum ada konektivitas antara yang Utara dengan Selatan. Dengan tersambungnya Tol Mapan sampai ke JLS ini nanti akan menjadi satu-satunya akses antara Utara dengan Selatan di Jawa Timur," beber Tomie. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved