Breaking News:

Kabar Kediri

VIDEO - Inilah Desain dan Lokasi Bandara Kediri, Kapasitas Penumpang Lebih Besar dari Bandara Juanda

Peletakan batu pertama proyek Bandara Kediri, Jawa Timur, bakal dilakukan Januari 2020. Simak desain dan lokasi bandara tersebut dalam video di atas.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: yuli

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Peletakan batu pertama proyek pembangunan bandar udara di Kediri, Jawa Timur, bakal dilakukan Januari 2020. Simak desain dan lokasi bandara tersebut dalam video di atas.

Namun, proses pembebasan lahan masih berjalan. Saat ini pembebasan lahan untuk bandara kurang 4 persen atau seluas 17 hektare dari total target 372 hektare. Bandara anyar ini kelak mampu menampun penumpang lebih banyak daripada Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Kendati begitu, Wakil Bupati Kediri, Masykuri, optimistis bila pembebasan lahan rampung akhir Oktober. Dirinya turut sukarela membantu proses pembebasan lahan.

Diketahui, yang mendanai pembebasan lahan yakni PT Surya Dhoho Investama (anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk). PT Surya Dhoho Investama yang juga akan membangun Bandara Kediri. Perkiraan investasinya minimum Rp 6 triliun. Selain itu, Bandara Kediri masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Saya tidak disuruh oleh GG (PT Gudang Garam Tbk) untuk turun tangan menyelesaikan pembebasan lahan. Ini murni keinginan saya sendiri. Saya langsung mendatangi mereka serta menanyakan permintaannya. Istilahnya pendekatan dari hati ke hati tanpa ada tekenan. Dalam hal ini, saya hanya sebagai jembatan penghubung saja antara warga dengan GG," kata Masykuri, Selasa (1/10).

Kendala saat pembebasan lahan di antaranya, masih belum ada kata sepakat nominal harga rumah ataupun tanah antara warga dengan PT Surya Dhoho Investama. Sejumlah warga menilai, nominal yang ditawarkan tak cukup untuk membeli rumah atau tanah baru.

Pasalnya, seiring berjalannya waktu, harga tanah dan rumah di luar lokasi bandara baru makin mahal.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved