Malang Raya

Kurangi Limbah Popok Bayi, Puskesmas Polowijen Kota Malang Sediakan Rumah Diapers

Rumah Diapers juga telah mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari Kementerian Kesehatan RI pada 2 Oktober lalu.

Kurangi Limbah Popok Bayi, Puskesmas Polowijen Kota Malang Sediakan Rumah Diapers
Edgar
Anita Resky DS, Pelaksana Sanitarian di Puskesmas Polowijen saat menunjukkan Rumah Diapers sebagai tempat untuk mengolah popok bayi agar dapat dimanfaatkan, Selasa (8/10/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - Puskesmas Polowijen di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, kini memiliki program baru dalam mengurangi limbah popok bayi.

Program tersebut bernama Rumah Diapers yang diinisiasi oleh Anita Resky DS, Pelaksana Sanitarian di Puskesmas Polowijen.

Rumah Diapers juga telah mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 2 Oktober lalu.

Dikarenakan, program tersebut menjadi satu-satunya program di Indonesia dalam mengolah dan mendaur ulang popok bayi atau Diapers.

Saat ditemui SURYAMALANG.COM, Selasa (8/10/2019), Anita menceritakan, Rumah Diapers ini merupakan rumah untuk mendaur ulang popok bayi.

Diapers bekas yang terkesan menjijikkan setelah dipakai oleh bayi, dapat dimanfaatkankan dalam bidang pertanian maupun di daur ulang.

Dalam bidang pertanian, gel yang terdapat di dalam diapers bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menampung air.

Sehingga, tanah yang kita siram tidak cepat mengering.

Selain itu, limbah diapers juga bisa di daur ulang untuk dijadikan pot bunga, tas, asbak, tempat atau wadah, serta berbagai perabotan atau pernak-pernik rumah tangga lainnya.

"Pada intinya kami ingin mengurangi limbah Diapers. Karena selama ini masyarakat banyak yang langsung membuangnya ke tempat sampah bahkan ke sungai. Padahal ini terbauat dari bahan plastik," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved