Kota Batu

Pemkot Batu Ingin Sewa Lahan 2 Hektare untuk Area Parkir di Sekitar Alun-alun

Pemkot Batu berencana menyewa lahan parkir di kawasan Jalan Sudiro. Kawasan ini dekat sekali dengan Alun-alun Kota Batu.

Pemkot Batu Ingin Sewa Lahan 2 Hektare untuk Area Parkir di Sekitar Alun-alun
benni indo
Lahan di kawasan rumah tua yang rencananya disewa untuk menjadi lahan parkir di sekitar Alun-alun Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Kebutuhan lahan parkir di Kota Batu semakin mendesak. Jumlah kendaraan terus bertambah, apalagi saat akhir pekan. Pemkot Batu pun berencana menyewa lahan parkir di kawasan Jalan Sudiro.

Kawasan ini dekat sekali dengan Alun-alun Kota Batu. Terdapat lahan sekitar 2 Ha lebih yang bisa dijadikan tempat parkir. Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan, rencananya kawasan parkir yang terdapat rumah tuanya itu akan menjadi sentral parkir bagi wisatawan yang berkunjung ke Alun-alun Kota Batu.

Di sisi lain, juga kawasan tersebut juga cocok menjadi kantong parkir.

"Macet memang jadi permasalahan yang tidak bisa dihindari. Itu adalah dampak dari sebuah kota wisata. Namun harus ada solusi untuk mengatasi kemacetan. Salah satunya dengan menyewa lahan parkir itu," ujar Punjul, Rabu (9/10/2019).

Lokasinya yang tidak jauh dari Alun-alun dinilai mudah untuk dijangkau oleh jenis kendaraan apapun. Selama ini, kendaraan diparkir di sekitar alun-alun. Sehingga menutup jalan. Bahkan ketika ramai, sebagian besar jalan tertutup.

Ia mengatakan beberapa area yang penuh sesak dengan parkir kendaraan bermotor mulai dari Jalan Diponegoro, Jalan Gajah Mada, dan sekitaran Alun-Alun Batu. Karena itu, agar mengurangi macet saat weekend dan hari libur, Pemkot Batu bisa memanfaatkan lahan tersebut.

Tak hanya mengurai kemacetan di sepanjang jalan ke pusat kota yang penuh dengan pertokaan. Dengan menyewa lahan parkir di Rumah Tua akan mampu meningkatkan retribusi parkir di Kota Batu.

"Ini nanti jika terealisasi akan meningkatkan retribusi. Mengingat harus diakui retribusi parkir tak pernah memenuhi target," bebernya.

Karena itu, pihaknya akan segera membicarkan hal tersebut dengan dinas terkait dan mengkaji lebih lanjut. Sehingga apakah ke depan Rumah Tua bisa disewa untuk dimanfaatkan sebagai kantong parkir di pusat Kota Batu. 

Dari data laporan realisasi anggaran Pemkot Batu. Untuk retribusi parkir di tepi jalan dari target Rp 1,5 miliar hingga bulan akhir Agustus masih terealisasi Rp 174,8 juta atau sekitar 11 persen. 

 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved