Breaking News:

Kabar Surabaya

Adik Pramono Anung, Menantu Soekarwo hingga Istri Mantan Bupati Malang Pimpin Komisi DPRD Jatim

Adik Pramono Anung, Menantu Soekarwo hingga Istri Mantan Bupati Malang Pimpin Komisi DPRD Jatim, Inilah Daftar Lengkapnya

bobby
Kuswanto (kiri) dan Bayu Airlangga (tengah), dua anggota Fraksi Demokrat yang dipilih menjadi Ketua Komisi D dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim periode 2019-2024. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - DPRD Jawa Timur merampungkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk periode 2019-2024. Sejumlah figur penting partai pun menduduki sejumlah posisi strategis.

Penetapan AKD dilakukan melalui rapat anggota di tiap komisi hingga AKD lainnya. Kemudian, ditetapkan melalui rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (10/10/2019).

"Prinsipnya, tiap komisi mengedepankan azas musyawarah mufakat dalam menentukan pimpinan di komisi," jelas pimpinan rapat paripurna DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar, di hadapan peserta pertemuan, Kamis (10/10/2019).

Menurut Halim, DPRD Jatim telah membuat tradisi dalam menentukan pimpinan di AKD melalui sistem musyawarah. "Kami menamakannya dengan sistem pembagian proporsional kolegial, bukan proporsional terbuka atau tertutup," kata Halim bersoloroh.

Hasilnya, komposisi pimpinan Komisi pun tak jauh berbeda dengan target antar fraksi sebelumnya. Sejumlah partai politik mendominasi sejumlah AKD.

PDI Perjuangan sebagai partai pemenang mengirimkan kadernya di empat kursi pimpinan di AKD. Yakni, Ketua Komisi E, Wakil Ketua Komisi C, Wakil Ketua Komisi D, dan Ketua Badan Kehormatan.

Di posisi Ketua Komisi E, anggota Komisi mempercayakan kepada Wara Sundari Renny Pramana, perempuan yang kini juga menjabat Bendahara DPD PDI Perjuangan Jatim. Reny juga merupakan adik kandung dari Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Selain PDI Perjuangan, PKB juga menempatkan empat kadernya di AKD. Aliyadi sebagai peraih suara terbanyak di Fraksi PKB dipilih Anggota Komisi B untuk posisi Ketua.

Selain Ketua Komisi B, PKB juga memiliki kader di jabatan Wakil Ketua Komisi C, Wakil Ketua Komisi E, hingga Wakil Ketua Badan Pembentukan Perda.

Tak hanya mengakomodir partai besar, AKD juga diisi oleh beberapa partai di luar lima besar. Hal ini juga seleras dengan periode sebelumnya. Di antaranya, NasDem yang mendapat jatah Wakil Ketua Komisi D, PAN di posisi Wakil Ketua Komisi B, dan Fraksi Keadilan Bintang Nurani (gabungan) di posisi Wakil Ketua Komisi E.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved