Tempo Doeloe

Daftar Nama Tokoh Negara Tumapĕl, Janggala sampai Kadiri Menurut Prasasti Mūla-Malurung Tahun 1255

Daftar Nama Tokoh Negara Tumapel, Daha sampai Kadiri Menurut Prasasti Mūla-Malurung 1255. Oleh: Heri Purwanto, Pengampu Grup Belajar Bahasa Jawa Kuno.

Daftar Nama Tokoh Negara Tumapĕl, Janggala sampai Kadiri Menurut Prasasti Mūla-Malurung Tahun 1255
1000monarki
Sebagian lempeng Prasasti Mūla-Malurung 1255. 

Oleh: Heri Purwanto, Pengampu Grup Belajar Bahasa Jawa Kuno

Prasasti Mula Malurung (Mūla-Malurung) berupa lempengan tembaga sebanyak 12 keping yang masing-masing bertuliskan pada kedua sisinya, kecuali lempeng pertama yang hanya satu sisi.

Lempeng 1, 3, 5, 7, 8, 9, 10, 11, dan 12 ditemukan di daerah Kediri, Jawa Timur, pada tahun 1975, sedangkan lempeng 2, 4, dan 6 baru ditemukan pada tahun 2001, juga di daerah Kediri. Saat ini, prasasti tersebut menjadi koleksi Museum Nasional, Jakarta.

Tulisan berikut ini sebagian besar merujuk pada analisis Prof Slamet Muljana dalam buku "Nagarakrtagama dan Tafsir Sejarahnya" tahun 1979 ketika lempeng ke-2, 4, dan 6 belum ditemukan.

RAJA YANG MENGELUARKAN PRASASTI 

NARĀRYYA SMININGRĀT

Prasasti Mūla-Malurung 1255 dikeluarkan oleh raja bernama Narāryya Sminingrāt yang gelarnya tertulis lengkap pada lempeng II-A berbunyi “narāryya sminingrāt śrī yawadwīpa samasta rājādiwiśeṣānindita sanggrāmaparakrama digwijayāniwāryyawīryyasnaha nāmottunggadewa, prakaśita sminingrāt nāmalañchana.”

Nama tersebut tidak terdapat dalam Kakawin Nāgarakṛtāgama dan juga Sĕrat Pararaton. Namun, jika dilakukan kroscek dengan Prasasti Maribong 1248, maka akan ditemukan nama Śrī Jayawiṣṇuwardhana Sang Mapañji Sminingrāt.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Narāryya Sminingrāt adalah nama asli Bhaṭāra Wiṣṇuwardhana yang tertulis pada naskah Nāgarakṛtāgama, yaitu raja yang memerintah Kerajaan Tumapĕl tahun 1252 – 1268 Masehi.

Sementara itu, dalam naskah Pararaton disebutkan bahwa tokoh Wiṣṇuwardhana memiliki nama asli Rangga Wuni, yang memerintah pada tahun 1250 – 1272 Masehi. Maka, dapat disimpulkan bahwa Rangga Wuni dan Sminingrāt adalah orang yang sama.

Halaman
1234
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved